APRI Sebagai Satu Wadah Dalam Meningkatkan Kapasitas SDM Penghulu.

Grobogan – Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Grobogan periode 2020-2024 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Grobogan, Imron Rosyidi yang dihadiri Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Provonsi Jawa Tengah, Muh Arifin, Kepala Seksi Bimas Islam, Roziqun, serta para Penghulu di Kabupaten Grobogan. Pengukuhan yang berlangsung di Aula Rumah Makan Sukarasa, Selasa,(02/03/21) yang disaksikan langsung oleh Ketua DPW APRI Provinsi Jawa Tengah, Suryani Kamali.

Kepala Kantor Kemenag Grobogan dalam menyampaikan, bahwa dengan dibentuknya APRI menjadi satu wadah dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) para penghulu.

“Hal yang perlu disadari bahwa tujuan dibentuknya APRI sebagai tempat dalam menunjang dan meningkatkan kompetensi para penghulu. Melalui APRI ini kita harap SDM mereka semakin meningkat guna meningkatkan integritas para penghulu,” ujar Imron.

Lebih jauh lagi dirinya berharap, para penghulu yang tergabung dalam APRI Grobogan bisa bekerja secara profesional dan mengedepankan ilmu pengetahuan serta menghindari hal-hal yang melanggar yang tidak berkesesuaian dengan tugas-tugas sebagai penghulu.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus, semoga menjadi sarana melaksanakan tugas penghulu yang lebih baik di masa-masa mendatang. Saya berharap ada optimalisai peran penghulu terkait peningkatan kinerja dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik. Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Grobogan telah melaksanakan program bernama paket layanan “Mencari Kekasihku” yang merupakan singkatan dari menikah atau cerai, kartu keluarga dan KTP elektronik seketika itu kumiliki. Dalam layanan ini, Dispendukcapil menggandeng kerjasama dengan Kemenag Grobogan dan Pengadilan Agama Purwodadi. Yakni dengan bekerjasama dengan Dinas Dukcapil, pengantin baru akan mendapatkan Kartu Keluarga dan KTP baru, silahkan untuk dilanjutkan. Bersinergi dengan tim IT untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW APRI Provinsi Jawa Tengah mengatakan, bahwa tujuan dibentuknya APRI ini adalah untuk membina dan mengembangkan kompetensi penghulu agar beritegritas, menjalin persatuan dan kesatuan sesama penghulu serta sebagai wadah bagi penghulu dalam menyampaikan dan memperjuangkan aspirasinya.

“Dengan adanya APRI ini, kompetensi dan integritas penghulu bisa semakin berkembang sehingga membawa dampak signifikan dan menjaga nama baik marwah Kantor Kementerian Agama,” kata Suryani Kamali.

Ketua DPW APRI Provinsi Jawa Tengah berharap, dengan dikukuhkannya pengurus APRI memberikan manfaat dan kemajuan serta peningkatan profesi APRI Kabupaten Grobogan.

“Kepada Pengurus silahkan segera menyusun program kerja, dan menindaklanjuti serta melaksanakan program APRI Pusat. Semoga keberadaan APRI dapat dirasakan manfaatnya pengurus dan anggotanya,” katanya.(bd/Sua)