Bangun Sinergitas Dengan Kodim 0736 Dan Pemda Batang Kepala Kantor Kemenag Hadiri Penutupan TMMD Sengkuyung tahab 1.

Batang – Sebagai bentuk kerjasama yang sinergis dengan Pemda dan Kodim 0736/Batang, Kepala Kantor Kemenag ikut menghadiri kegiatan penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap 1 di desa Tembok Kecamatan Limpung Kabupaten Batang pada Rabu (31/03).

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0736/Batang  Letkol Arh Yan Eka Putra menjelaskan, beberapa hasil pembangunan adalah pembangunan jalan makadam sepanjang 455 meter, talud 455 meter dan rabat beton 104 meter.

“Dulunya ini jalan setapak yang merupakan jalur para petani untuk mengangkut hasil panennya, karena mayoritas hasil buminya padi dan jagung,” ungkapnya.

Warga kurang mampu yang kediamannya masih tergolong Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kodim Batang pun memberikan bantuan rehap agar lebih layak ditinggali.

“RTLH ada tiga rumah dan sudah selesai semua. Semoga kedepan bisa tambah lagi RTLH yang diperbaiki,” terangnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang H.M. Aqsho dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya selalu terlibat dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim, Polres maupun Pemda Batang.

“ Alhamdulilah saya ikut senang atas selesainya kegiatan TMMD sengkuyung untuk tahun ini, Kementerian Agama selalu ikut mendukung kegiatan itu karena sesuai dengan visi misi kita, “ kata H.M. Aqsho.

Dia juga menjelaskan bahwa keterlibatan Kementerian Agama dalam TMMD itu baik fisik maupun non fisik yang memang dibutuhkan di tempat TMMD itu.

“Kemenag Kab. Batang untuk kali ini ikut membantu rehab Musola didesa Tembok sebesar Rp. 5 juta itu merupakan keterlibatan fisik, sedangkan non fisik, kita juga memberi sosialisasi pada masyarakat tentang UU. Perkawinan maupun prosedur pencatatan pernikahan, “ jelasnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Batang, Lani Dwi Rejeki mewakili Bupati Batang dalam keterangannya mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur penghubung jalur pertanian untuk menambah kesejahteraan masyarakat Desa Tembok. TMMD ini hasilnya akan dirasakan masyarakat luas, maka kedepan pembangunannya bisa lebih ditingkatkan.

“Kami atas nama Pemkab Batang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim beserta jajarannya dan seluruh warga setempat atas baktinya membuat infrastruktur desa makin baik, sehingga akan terjadi peningkatan perekonomian,” kata Lani Dwi Rejeki . (Zy/qq).