Dua Puluh Tiga Siswa MAN 1 Grobogan Lolos SNMPTN 2021

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 kemarin, Senin, 22 Maret 2021, pukul 15.00 WIB. Dan 23 siswa-siswi MAN 1 Grobogan telah Lolos SNMPTN tahun 2021 disejumlah berguruan tinggi negeri di Jawa Tengah.

Menurut Kepala MAN 1 Grobogan, Suprapto mengatakan, pendaftaraan SNMPTN telah dibuka pada 15 – 24 Februari 2021, pukul 15.00 WIB. Sebelum melakukan pendaftaran. Serangkaian kegiatan mulai dari registrasi akun LTMPT hingga pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sudah dilakukan sejak 04 Januari 2021 atau setelah peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021.

“SNMPTN merupakan jalur seleksi yang menggunakan prestasi akademis yang dilihat berdasarkan nilai rapor siswa, didukung oleh keikutsertaan dan keaktifan mengikuti lomba akademis, nonakademis atau sejenisnya dibuktikan dengan sertifikat dan piagam penghargaan sebagai peserta atau juara,” jelas Suprapto.

Suprapto menambahkan, Kuota jalur ini minimal 20 persen tiap sekolah. Siswa kelas XII yang bisa mendaftar SNMPTN 2021 akan ditentukan sepenuhnya oleh sekolah. Pemeringkatan siswa didapat dari perhitungan nilai mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan.

“MA Negeri 1 Grobogan dalam hal ini, telah mengarahkan dan memberi solusi terbaik kepada siswa kelas XII yang dikoordinasi oleh tim kurikulum dan guru bimbingan konseling serta wali kelas XII. Program SNMPTN tahun ini diikuti siswa kelas XII semua program (MIPA, IPS, Keagamaan dan Bahasa) yang terjaring dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan siswa eligible memenuhi syarat mendapat undangan untuk mendaftar SNMPTN 2021. Dan siswa MAN 1 Grobogan tahun ini yang lolos di SNMPTN berjumlah 23 siswa, hingga berita ini diterbitkan, data tersebut sifatnya sementara dan masih bisa bertambah dari siswa yang belum memberikan laporan dan konfirmasi ke wali kelasnya,” kata Kepala MAN 1 Grobogan.

Siswa yang belum lolos di jalur SNMPTN bisa mengikuti jalur tes tulis UTBK dan hasil SBMPTN. Pendaftaran dilaksanakan pada15 Maret – 1 April 2021. Pelaksanaan UTBK ada 2 gelombang, yaitu gelombang 1 pada 12-18 April 2021 dan gelombang 2 pada 26 April – 2 Mei 2021. Sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN pada 14 Juni 202, pukul 15.00 WIB.

“Ini kesempatan dan peluang emas bagi siswa yang belum lolos SNMPTN dapat berkompetisi di jalur UTBK dan SBMPTN. Tentunya dengan penuh harapan, kerja keras, dan doa, semoga semua sukses dalam meraih impian dan cita-citanya,” imbuh Suprapto.

Sementara menurut Kepala Kemenag Grobogan, Imron Rosyidi, yang menyampaikan bahwa SNMPTN diikuti seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui Program Beasiswa Bidikmisi.

“Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik calon Mahasiswa dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia pusat. Alhamdulillah sangat menggembirakan bagi MAN 1 Lamongan, semoga diikuti oleh siswa siswi yang lain dan bermanfaat. Dan selamat dan sukses kepada siswa-siswi yang telah diterima di PTN,” ungka Imron Rosyidi.(Yn-bd/Sua)