H.M. Aqsho Kukuhkan Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Batang.

Batang – Untuk melengkapi dasar pembentukan Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) abang Kabupaten Batang, kemaren Selasa (30/03) bertempat di Rumah Makan Samudera seafood kota Batang, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang mengukuhkan secara resmi. Hadir dalam acara itu pengurus APRI Wilayah Jawa Tengah, Kepala Seksi Bimas Islam dan seluruh Penghulu se Kabupaten Batang .

Acara didahului dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus Wilayah APRI Jawa Tengah Tentang Penetapan susunan pengurus APRI masa bakti tahun 2020 – 2024, dan dilanjutkan dengan pengucapan kata-kata pengukuhan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang .

H. Solechul Hadi sekretaris Ketua Wilayah APRI Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang yang telah bersedia mengukuhkan pengurus APRI Cabang Kabupaten Batang .

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih pada Bapak Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang disela-sela kesibukannya masih dapat  menghadiri dan berkenan pengukuhan pengurus APRI Cabang Kab. Batang ini, semoga kehadirannya akan dapat menjadi pemantik pada pengurus APRI yang baru ini untuk melaksanakan semua programnya dengan baik,“ kata H. Solechul Hadi.

Dia juga menyatakan bahwa Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang yang dulunya juga berasal dari KUA Kecamatan, tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi KUA Kecamatan di Batang, karena menurutnya Kepala Kantor pasti akan sangat memahami bagaimana potret KUA sesungguhnya.

“Batang ini sangat lengkap, seluruh penghulunya adalah para Kyai, Kasi Bimasnya juga berasal dari KUA Kecamatan sebagai Kyai juga, bahkan Kepala Kantornya juga dari KUA Kecamatan, ini sangat luar biasa, maka tinggal bagaimana Pengurus APRI yang baru ini dapat bersinergi dengan Kepala Kantor dan Kasi Bimas Islam sehingga dapat melahirkan program-program yang bermanfaat bagi performa KUA kedepan,“ lanjutnya.

Selain itu dia juga mengingatkan bahwa Menteri Agama telah berkomitmen dengan program 100 harinya akan melakukan program revitalisasi KUA Kecamatan, sehingga kondisi dan performa KUA Kecamatan akan ditingkatkan dari berbagai hal, baik SOP pelayanannya, maupun performanya, untuk itu menurutnya APRI menjadi sangat strategis dan berkepentingan sekali dengan program itu.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang H.M Aqsho dalam pembinaanya menyampaikan berbagai hal yang harus disipkan oleh para Penghulu baik Penghulu yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala KUA maupun Penghulu murni untuk melakukan tindakan dan terobosan baru dalam pelayanan KUA.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus APRI cabang Batang yang telah dikukuhkan, semoga dapat segera melaksanakan tugas organisasi dan tugas kedinasannya dengan lebih baik. Sebagai orang yang pernah lama di KUA Kecamatan, saya mengetahui banyak persoalan dan spesifikasi pekerjaan juga sangat hafal, karakter Kepala KUA maupun Penghulu dari Kepala KUA yang disenangi oleh para pelaksananya hingga Kepala KUA yang tidak disenangi oleh para pelaksananya, “ kata H.M. Aqsho.

Dia berpesan agar Kepala KUA dan Penghulu di Kabupaten Batang untuk segera bergerak melakukan terobosan dan langkah maju agar pelayanan pada masyarakat dapat lebih dirasakan manfaatnya.

“Saya berpesan dengan program revitalisasi KUA itu, maka Kepala KUA dan Penghulu untuk segera bergerak dan menata diri mencari terobosan bagaimana agar pelayanan masyarakat  itu dapat lebih meningkat. Kalau di Kabupaten lain telah ada pendaftaran nikah berbasis online, bagaimana dengan kita, apakah kita besa seperti itu. Era digitalisasi sudah sedemikian maraknya maka Kepala KUA dalam wadah APRI bersama Kasi Bimas Islam untuk segera mencoba inovasi baru memanfaatkan digitalisasi yang ada itu,“ pesannya.

Adapun pengurus APRI cabang Kabupaten Batang masa bakti 2020 – 2024 yang baru saja dikukuhkan itu terdiri dari Ketua H.Sawaluyo Kepala KUA Kec. Bandar, H. Muhtarom Penghulu KUA Kecamatan Tersono, Sekretaris M.Nur Habibi Penghulu KUA Kecamatan Batang, H, Ahmad Nur Fatoni Kepala KUA Kecamatan Tulis serta delapan personal yang menduduki seksi. (Zy/qq)