H.M. Aqso Launching Tim Multimedia Penyuluh Agama Islam

Batang – Untuk memberikan wadah dan sarana dakwah Penyuluh Agama Islam, Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Batang membuat tim multimedia sebagai kanal untuk mensosialisasikan dakwah dan kegiatannya pada masyarakat luas. Tim multimedia Penyuluh Agama Islam itu kemaren pada Selasa (16/03) di rumah makan Samudera Seafood Kecamatan Batang dilaunching secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang yang didampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam.

Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Batang Hj. Almukaromah dalam laporannya menyampaikan tentang perjalanan Pokjaluh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dari 2-3 tahun yang lalu, dimana berbagi macam kegiatan yang telah tercapai dan ada pula yang masih dalam program yang belum terealisir karena banyak kendala yang dihadapinya.

“Dengan penuh keyakinan dan kebersamaan Penyuluh Agama Islam telah bahu membahu melaksanakan banyak kerja nyata ditengah-tengah masyarakat, namun bila kita ingat ditahun yang lalu kita telah memprogramkan untuk melakukakan kegiatan penyuluhan yang berbasis multimedia dengan menggunakan berbagai media social, baru hari ini lah program pemikiran itu terwujud hingga mengumpulkan 15 penyuluh agama Islam se kabupaten Batang yang memang memahami dan bergelut dengan dunia digital, multimedia dan medsos,“ jelas Hj. Almukaromah.

Dia juga mengatakan bahwa tim multimedia ini akan bertugas, mengabadikan, menyimpan, memancarkan dan membuat konten-konten dakwah dan kegiatan penyuluh yang langsung ditayangkan melalui semua media social yang ada baik facebook, instagram, website Kemenag, youtobe dan lainnya.

“Memasuki era industri 4.0. Penyuluh Agama Islam dituntut untuk meningkatkan kemampuan (upgrade) kemampuannya dalam informasi teknologi (IT) dan penyerapan teknologinya, terutama pengetahuan tentang literasi digital dalam tugas dakwahnya,  Kehadiran tim multimedia Pokjaluh diharapkan mampu menyajikan inovasi dakwah dan program Kementerain Agama Kab. Batang baik melalui akun youtube, facebook, IG dan website, sehingga diterima masyarakat luas,“ lanjutnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang H.M. Aqsho setelah secara resmi melaunching tim multimedia itu mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi semua gagasan dari para penyuluh, dia berpesan bahwa tantangan penyuluh sebagai corong terdepan Kementerian Agama untuk selalu mengasah kompetensinya juga melihat perkembangan pada masyarakat agar dakwahnya dapat diterima masyarakat sesuai dengan situasi kondisi terkini.

“Kehadiran tim multi media Pokjaluh diharapkan mampu menyajikan inovasi dakwah para penyuluh dan program Kementerain Agama Kab. Batang baik melalui akun youtube, facebook, IG dan website, sehingga diterima masyarakat luas,  sudah saatnya di  era revolusi industri 4.0 ini, Penyuluh Agama Islam membekali kompetensi diri baik dalam hal jurnalistik, desaign grafis, editing video, photography dan disamping pengetahuan agama tentunya, kuncinya adalah sumber daya manusia (SDM),“ Kata H.M. Aqsho.

Dia menambahkan bahwa Penyuluh Agama Islam saat ini, harus benar-benar mengasah kompetensinya, baik kompetensi Agamanya, Moralnya maupun Kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, bila itu dimiliki maka tugas pokok dan fungsinya akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa kesulitan.

Disesi akhir acara itu Pokjaluh menampilkan beberapa video kegiatan yang ambil, diedit dan di share oleh para penyuluh untuk diperlihatkan salah satu hasil karyanya itu. (Zy,Maskur/qq)