Istighosah Virtual Awali Kesuksesan Ujian Madrasah Kelas XII MAN 2 Kudus

Kudus – Menjelang Ujian Madrasah kelas XII MAN 2 Kudus diawali dengan istighosah yang dilaksanakan secara virtual pada hari Sabtu, pukul 08.00 di musholla Nurul Iman. Kegiatan istighosah diikuti oleh kepala madrasah, wakil kepala madrasah, wali kelas XII, para pendidik dan tenaga kependidikan. 

Kegiatan istighosah diawali dengan sambutan kepala madrasah, pembacaan hadroh, pembacaan istighosah, pembacaan surat yasin serta tahlil dan doa. Kegiatan istighosah ini disiarkan secara langsung melalui live streaming youtube channel resmi MAN 2 Kudus, sehingga bias diikuti semua peserta didik khususnya siswa kelas XII beserta wali murid di  rumah masing-masing secara hikmat.

Pelaksanaan ujian madrasah ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi e-learning. Untuk memantau kejujuran, peserta didik juga harus menggunakan aplikasi google meet agar wajah dan situasi lingkungan tempat ujian dapat terpantau oleh pengawas ujian melalui layar monitor yang dikendalikan dari lab computer MAN 2 Kudus. Peserta juga harus menaati sejumlah tata tertib yang harus mereka patuhi selama berlangsungnya pelaksanaan ujian madrasah hingga tanggal 22 Maret 2021.

“Bahwa ada tiga kriteria syarat kelulusan, yaitu menyelesaikan progam, mendapatkan nilai akhlak yang bagus dan memperoleh nilai yang baik pada ujian madrasah”. jelas Shofi selaku kepala MAN 2 Kudus

Sekalipun pada masa pandemi covid-19 ini pembelajaran dilakukan secara daring, madrasah tetap memberikan pelayanan yang maksimal dalam pembelajaran agar semua peserta didik bias memperoleh haknya secara penuh sebagai siswa, lanjut beliau.  Shofi juga berharap siswa kelas XII tetap semangat belajar sehingga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan serta dapat diterima di perguruan tinggi terpilih sesuai dengan keinginan.” harapnya (Wartamandaku/wwk/bd)