Kakankemenag : Pelayanan KUA Jangan Sampai Kecewakan Masyarakat

Rembang – Mengawali kunjungan kerja di KUA, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengadakan monitoring dan pembinaan di KUA Kecamatan Pamotan pada Senin (8/3/2021). Kakankemenag didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha, Moh. Mukson dan Kasi Bimas Islam, Ali Muchyidin menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan KUA.

Kepala KUA Pamotan, Suryanto beserta staf,  beberapa pramubakti serta penyuluh Agama Islam non PNS turut menyimak pembinaan dari Kakankemenag.

Fatah menegaskan beberapa hal. Pertama, sebagai instansi pemerintah yang berada di tengah-tengah masyarakat, KUA diminta mampu memahami kondisi sosial dan kultural masyarakat. Apabila ada hal-hal yang sekiranya membutuhkan sentuhan KUA, maka KUA harus tanggap.

“Utamanya Kepala KUA, harus faham dan tanggap dengan sosio kultural masyarakat,” ujar Fatah.

Kedua, dalam melayani masyarakat, pegawai KUA harus santun serta mengedepankan akhlakul karimah. Pelayanan dengan ramah dan tulus akan berdampak terhadap umpan balik sikap dan persepsi masyarakat terhadap layanan KUA. “Dalam pelayanan, akhlakul karimah harus dikedepankan. Tidak pandang bulu siapa tamunya, semua harus dilayani dengan baik,” tandas Fatah.

Ketiga, KUA dimohon tidak memberikan pelayanan yang mengecewakan kepada masyarakat. Apalagi era sekarang, masyarakat semakin cerdas dan kritis. Keempat, Kepala KUA harus selalu konsultasi dan koordinasi dengan atasan apabila ada permasalahan yang muncul di masyarakat.

Yang terakhir, kerjasama antara Kepala KUA dan staf harus terjalin dengan baik. “Hubungan yang baik dan kekompakan dalam bekerja akan menentukan kesuksesan pencapaian tujuan bersama,” pungkas Fatah. — iq