Pelatihan Moderasi Agama Merupakan Ikhtiar Memahami Kemajemukan Bangsa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang –  Balai Diklat Keagamaan Semarang bersama Kemenag Kab. Batang baru-baru ini menggelar kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja yang bertajuk Moderasi Beragama untuk Penyuluh Agama Islam. Acara itu di gelar di aula lantai dua Kantor Kemenag Kabupaten Batang pada Senin, (22/03) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang. Hadir dalam pembukaanya selain Kepala Kantor Kemenag, Kepala Balai Diklat, Kasi Bimas Islam .

Kepala Balai Dikalat Keagamaan yang diwakili oleh Maliki, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kantor yang telah menyediakan tempat, waktu dan pesertanya untuk mengikuti pelatihan ini.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih pada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang yang telah memberikan tempat dan pesertanya pada pelatihan ini, kami sampaikan syukur atas terlaksananya Pelatihan Moderasi Beragama di Wilayah Kerja Kantor Kemenag Kab. Batang,“ kata Maliki.

Dia juga mengatakan bahwa pentingnya diadakan Pelatihan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama Islam ini karena mereka adalah ujung tombak dalam penerapan Moderasi Beragama.

“Kementerian Agama adalah ujung tombak pelaksanaan Moderasi Beragama di Indonesia, kita dapat melihat bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan terdiri atas berbagai agama, karena keberagaman itu harus perlu adanya Moderasi Beragama agar terjamin kehidupan yang damai penuh dengan toleransi,“ lanjutnya.

Maliki juga menyampaikan amanat dari kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang yang berkaitan dengan terlaksananya kegiatan pelatihan ini.

“Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang berpesan agar pelatihan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat karena bagaimanapun juga saat ini masih dalam masa pandemic covid-19 , “ lanjutnya.

Pada kesempatan ini Maliki juga memberikan informasi bahwa diminggu ini Balai Diklat Keagamaan Semarang menerima beberapa penghargaan dari inspektorat Jenderal Kemenag dalam kategori realisasi anggaran tertinggi, arsip terbaik, peraih zona integritas, dan laporan kinerja terbaik .

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M. Aqsho dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Balai Diklat Keagamaan yang telah menerima banyak penghargaan di bulan ini juga manyambut baik kegiatan pelatihan ini di tempatnya.

“Peserta Pelatihan ini adalah para Penyuluh Agama Islam yang terpilih karena dari 120 Penyuluh yang tersebar di 15 Kecamatan, hanya 40 personal yang dipanggil, untuk itu saya meminta agar rasa sukur itu diwujudkan dengan sungguh – sungguh dengan penuh disiplin dalam mengikuti pelatihan ini,“ kata H.M. Aqsho.

Dia juga memberikan informasi bahwa ASN di Kemenag Kabupaten Batang telah melaksanakan vaksinasi covid yang pertama dan sebentar lagi akan dilanjutkan vaksin yang ke dua. H.M. Aqsho menekankan bahwa moderasi Agama harus dikuasai oleh para penyuluh agama Islam, karena dapat mengawal masyarakat untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan Bangsa.

“Saya berpesan kepada peserta agar pelatihan ini menjadi sebuah kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya yaitu Kompetensi sebagai Penyuluh Agama Islam,“ pesannya. (Zy/qq)