Penyuluh Agama Islam Gelar Pelatihan Sholat

Batang – Bertempat di Masjid Darul Huda Dukuh Gerdu, Desa Siguci, kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang pada hari Minggu yang lalu, (24/03), Penyuluh Agama Islam Pecalungan, mengadakan kegiatan pelatihan sholat teori dan praktek. Kegiatan itu merupakan salah satu program kerja Penyuluh Agama Islam menjelang bulan Ramadan dengan menggandeng PAC. IPNU-IPPNU Kecamatan Pecalungan dan Ikatan Remaja Masjid (IRM) .

Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Pecalungan Maskur dalam keterangan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas sholat para remaja.

“Sholat adalah tiang agama, dan merupakan amalan pertama yang akan dihisab oleh Allah SWT.dan sholat juga dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan keji dan mungkar. Namun, hal itu tidak akan diraih apabila sholat yang dilaksanakan tidak dikerjakan sesuai dengan tuntunan Rasululloh SAW, tidak dikerjakan dengan khusyuk atau tidak berkualitas. Oleh karena itu, dibutuhkan latihan bagaimana shalat yang berkualitas itu,” jelas Maskur

Menurutnya pelatihan sholat ini terdiri dari teori dan praktek, dimana tahap pertama, diikuti oleh 42 peserta terdiri dari unsur anggota IPNU-IPPNU dan remaja masjid dari utusan 3 Desa, yaitu desa Guci, desa Keniten dan desa Gemuh.

Kepala KUA Kecamatan Pecalungan Kabuaten Batang H. Zahid Luthfi ditempat terpisah mengatakan memberikan apresiasi dan dukungan pada kegiatan yang langsung diinisiasi Penyuluh Agama Islam itu .

“Penyuluh harus selalu berinovasi dan berupaya melakukan terobosan baru dalam berdakwah, salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan sholat baik secara teori dan praktek, dengan dibekali materi-materi tentang sholat berdasarkan kaidah-kaidah fiqih serta petunjuk dari hadits Nabi Muhammad SAW yang berdasarkan serta tuntunan ilmiyah dari para guru yang bersambung sanad keilmuannya, maka ibadah sholat kita akan menjadi lebih baik dan lebih sempurna,“ Kata H. Zahid Lutfi .

Ketua PAC IPNU Kecamatan Pecalungan Najib dalam keterangannya menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas kerjasama atas terselenggarakannya pelaksanaan pelatihan sholat yang digagas oleh Penyuluh Agama Islam Kec.Pecalungan.

“Saya memberikan apresiasi terhadap kegiatan seperti ini, tentu ini sangat bermanfaat bagi para remaja agar ibadah shalatnya lebih sempurna lagi, kalau ibadah sempurna tentu akan berimbas kepada tingkah laku kita sehari-hari,” ujar Najib.

Di akhir kegiatan, takmir masjid Darul Huda Dukuh Gerdu Desa Siguci Faizin selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih karena telah ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan pelatihan sholat tersebut.

“Saya menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dari Penyuluh Agama Islam pada Masjid ini untuk kegiatan, semoga kedepan dapat berlanjut ditempat-tempat lain dengan peserta yang lebih banyak lagi karena manfaat yang sangat besar bagi yang mengikutinya,” kata Faizin . ( Maskur/Zy)