Penyuluh Agama Islam Menggandeng Mahasiswa PPL IAIN Purwokerto

Banyumas : Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Sumbang Amin Supangat melakukan rapat koordinasi persiapan pemutakhiran data Masjid dan Mushalla se kecamatan Sumbang. Kegiatan pemutakhiran data ini dilakukan bersama Mahasiswa PPL IAIN Purwokerto bertempat di kantor KUA Sumbang.(Jumat,19 Maret)

Salah satu materi pembahasan dalam rapat koordinasi managemen masjid ini bersumber dari Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/802 Tahun 2014 tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid, selanjutnya PPL IAIN akan melakukan koordinasi dengan Penyuluh Agama Islam Non PNS yang berjumlah 9 orang untuk melakukan pemutakhiran data masjid dan mushalla yang diambil dari Simas.

Kepala KUA Sumbang Mukhsin Asy-Syafikh¬† menyatakan bahwa ¬†mulai tanggal 22 Maret 2021, Mahasiswa PPL agar mulai melakukan tugas Kemasjidan dan mereka harus turun ke lapangan. ” Pemutakhiran data ini bertujuan agar data yang sudah masuk di SIMAS sinkron dengan yang ada di lapangan. Pembangunan masjid dan mushola di desa desa ada kemungkinan ada yang belum dilaporkan, maka diperlukan pendataan ini . Alhamdulillah dengan adanya mahasiswa PPL dari IAIN Purwokerto akan membantu dalam proses pendataan dan ini akan lebih meringankan petugas dari KUA Sumbang dalam pendataan. ” jelas Mukhsin

Selain pemutakhiran data, juga akan melakukan kegiatan pendaftaran Masjid dan Mushalla yang belum masuk ke Simas dan melakukan kunjungan ke beberapa takmir masjid/mushalla untuk mendapatkan pengetahuan atau informasi tentang pengelolaan masjid dan mushalla. (yudi)