Peringati Hari Jadi, Kepala Kemenag Sampaikan doa Bahasa Jawa

Grobogan – Memperingati hari jadi Kabupaten Grobogan yang ke-295, Pemerintah Kabupaten Grobogan menggelar tradisi Boyong Grobog dalam rangka memperingati hari ulang tahun Grobogan, digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah pusaka diarak mulai dari depan Pendopo Kabupaten Grobogan, Rabu (3/3/2021) pagi. Uniknya, semua sambutan dalam  ini disampaikan dalam Bahasa Jawa. Kankemenag pun didapuk menyampaikan doa dalam bahasa Jawa.

Pada peringatan HUT Ke-295 Kab. Grobogan tahun ini mengusung tema  “Bersama wujudkan Grobogan lebih sejahtera dan berbudaya, mari tetap patuhi protokol kesehatan.” Tampak berbeda dari peringatan-peringatan sebelumnya yang mana jumlah peserta yang hadir pada tahun ini sengaja dibatasi oleh pihak panitia guna menghindari kerumunan dalam upaya penerapan protokol kesehatan. Namun pun pelaksanaannya sangat sederhana, para peserta acara terlihat khidmat sembari memanjatkan do'a-do'a untuk membangun masyarakat Kabupaten Grobogan.   

Dalam doanya, Kepala Kemenag Kab. Grobogan, Imron Rosyidi menyampaikan semoga masyarakat Grobogan selalu diberikan rahmat dan kesejahteraan lahir batin serta diberikan segala nikmatnya restu agar seluruh warga Kabupaten Grobogan bisa rileks dan lepas dari cobaan berat penyakit Covid 19.

Duh Allah, Ingkang Moho Wicaksono. Mugi Paduko paring kanugrahan ingkan anumusi dumateng kawicaksanaan menggahing poro pengembating projo, sehinggo saget mahanani kamakmuraning masyarakat, nuso dan bongso, lahir tandesing bathos, dunyo dumugi akhirat. Panjenengan ingkang moho kuwaos, mugi kerso paring sedayo nikmat panjenengan, rahmat panjenengan supados sedayo wargo Kab Grobogan saget endha lan uwal saking ujian panjenengan ingkang awrat arupi penyakit Covid 19, ing tundhone sedayo wargo saget gumregah malih, saget makaryo, malih kados wingi uni kangge nyekapi kuwajibanipun daten keluarga soho tumprap Bangso lan Negari.” papar Imron dalam Bahasa Jawa.

Kepala Kankemenag Kabupaten Grobogan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang turut memajukan Grobogan. Ia berharap, Grobogan akan semakin maju, baik dalam kehidupan materi maupun moril.

“Sebagai instansi yang bergerak di bidang agama dan keagamaan, kami akan mendukung upaya pemerintah Kabupaten Grobogan untuk melaksanakan pembangunan di bidang agama,” katanya.

Menurutnya, masih banyak PR Grobogan, utamanya dalam membentuk akhlak anak-anak dan remaja, sehingga mampu menjadi generasi penerus yang berkepribadian tinggi.(bd/Sua)