Siapkan Prestasi Siswa, MIN 02 Batang Gelar Sosialisasi Ujian Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk mempersiapkan siswa kelas VI mengikuti Ujian Madrasah [UM] tahun ini, MIN 2 Batang mengadakan sosialisasi SK.Dirjen Pendis Nomor 752 tentang POS Ujian Madrasah pada Wali muridnya di aula serba guna MIN 2 Batang pada Sabtu [27/02] yang lalu. Hadir dalam acara tersebut Kepala MIN 2 Batang, Wali Kelas VI, Kesiswaan, Komite madrasah dan seluruh wali murid kelas VI.

Dalam sambutannya Kepala MIN 2 Batang Hj. Sri Hanik mengatakan bahwa meskipun ditahun ini pembelajarannya secara jarak jauh namun tetap akan diadakan Ujian Madrasah [UM].

“Sebagaimana kita ketahui dimasa pandemi covid-19 ini, madrasah telah menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh [PJJ], namun kita tetap harus mengadakan Ujian Madrasah [UM], karena UM merupakan evaluasi hasil pembelajaran yang harus diterapkan untuk mengetahui tingkat ketercapaian belajar siswa,“ kata Hj. Sri Hanik.

Dia juga menegaskan bahwa keberhasilan siswa belajar secara daring dan pembelajaran jarak jauh [PJJ] itu tidak lepas dari keseriusan orang tua mendampingi para siswa belajar dirumah. Menurutnya pada masa pandemi Covid-19, para siswa tetap harus semangat belajar, maka peran orang tua disini sangat besar untuk memberi motivasi dan perhatian pada putra putrinya agar mereka tetap semangat belajar untuk mempersiapkan ujian.

“Orang tua memiliki peran sangat penting, apalagi dengan system pembelajaran jarak jauh [PJJ] kali ini, karena keberhasilan siswa dalam belajar sangat didukung dengan pendampingan orang tua serta motivator yang paling besar bagi siswa, untuk itu saya mengajak kepada para wali murid kelas VI MIN 2 Batang untuk lebih memperhatikan, mendampingi serta memberi motivasi dengan penuh pada putra – putrinya agar mereka siap mengikuti ujian. Masa pandemi tidak menjadi penghalang bagi para siswa untuk tetap belajar, guru bertugas mengajar, dan orang tua untuk mendampingi maupun memotivasi. Dengan demikian siswa kelas VI yang berjumlah 80 anak, mudah – mudahan semua dapat lulus dengan prestasi yang membanggakan,“ tegasnya.

Sementara itu ketua komite MIN 2 Batang Mustakim dalam sambutanya merasa gembira dan mendukung program kerja MIN 2 Batang yang sebentar lagi akan menyelenggarakan ujian madrasah, baginya yang terpenting para siswa nyaman dalam mengikuti ujian madrasah meskipun sudah setahun ini mereka belajar sendiri tanpa adanya tatap muka dengan para gurunya.

“Kami memberi apresiasi pada madrasah atas komitmennya dalam menyelenggarakan pembelajaran selama masa pandemi covid – 19 ini, dan bahkan sebentar lagi akan menyelenggarakan ujian madrasah. Kami juga sangat bersyukur kalau biaya ujian madrasah itu dibiayai oleh dana BOS, sehingga orang tua wali murid dapat bernafas lega tidak mengeluarkan biaya dalam pelaksanaan ujian madrasah nantinya,“ kata Mustakim. [Zy/qq].