Siapkan Siswa Ikuti Ujian, Kepala MTs N Batang Undang Orang Tua Siswa

Batang- Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Ujian madrasah ( UM ) MTs Negeri Batang mengundang orang tua siswa kelas IX  untuk mengikuti sosialisasi ujian di aula serba guna. Mengingat masa pandemi, untuk menerapkan  protokol kesehatan kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 1 s.d 3 Maret 2021, dimana sebelumnya  telah di lakukan rapat pandahuluan antara Kepala MTs,komite madrasah Kepala Tata Usaha dan Wakil kepala MTs .

Dalam sambutannya Kepala MTs N Batang H. Fathudin mengatakan bahwa meskipun dalam masa pandemi dengan pembelajarannya daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), namun Ujian Madrasah harus tetap dilaksanakan, karena Ujian Madrasah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan  untuk mengukur pencapaian standar kompetensi kelulusan untuk semua mata pelajaran.

“Dimasa pandemi covid-19 ini kita tahu bahwa pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ), namun kita harus tetap menyelenggarakan ujian madrasah (UM) karena ujian bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi dari para siswa,“ kata H. Fatkhudin.

Dia juga menegaskan bahwa peran orang tua sangat penting dalam memantau pembelajaran anak,  apalagi pembelajaran daring. Dalam hal ini orang tua dapat melihat langsung perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar. Orang tua sebaiknya mendampingi anak saat belajar.Hal ini bertujuan untuk menciptakan keseriusan serta pengawasan terhadap proses belajar.

“ Orang tua berperan menumbuhkan motivasi, memantau dan mengawasi belajar para siswa. Karena tanpa adanya motivasi belajar maka pembelajaran tidak akan berhasil dengan baik,“ tegasnya.

Selanjutnya teknis pelaksaan ujian madrasah dijelaskan oleh wakil kepala bidang akademik,Fatimah, dia menjelaskan tentang persyaratan yang dipenuhi oleh siswa.

“ Syarat kelulusan harus memenuhi 3 kriteria, pertama menyelesaikan program pembelajaran dibuktikan dengan nilai raport kelas 7,8 ,9, kedua memperoleh nilai siakap dan perilaku baik,dan ketiga mengikuti ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan,“ jelas Fatimah.

Sementara itu, Komite MTs Negeri batang,H.Sukirno mengajak seluruh orang tua untuk menyatukan pendapat guna  mendukung program kegiatan madrasah dan memantau aktivitas belajar anak di rumah. Keterlibatan orang tua sangat penting di saat musim pandemic covid-19  ini , karena anak-anak lebih dominan belajar dengan perangkat HP.

“ Saya sangat apresiasi dengan program dari madrasah ini, tinggal kita sebagai orang tua mencermati, memperhatikan dan memotifasi anak kita dalam melakukan pembelajaran jarak jauh ini serta mendukung diadakannya ujian madrasah yang akan dilaksanakan,“ kata H. Sukirno . ( Is/Zy/qq)