Simkah Web Permudah Peningkatan Layanan KUA

Grobogan – Dalam mewujudkan peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan pada Kantor Urusan Agama (KUA), Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Grobogan menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan KUA pada Simkah Web. Kegiatan ini diselenggarakan dengan menghadirkan 20 operator Simkah web di KUA se-Kabupaten Grobogan, bertempat di Hotel Kryiad Grand Master Purwodadi, Rabu, (10/03/2021).

Menurut laporannya Kasi Bimas Islam, Roziqun mengatakan, Simkah salah satu di aplikasi di bimasis, disinilah penghulu bisa menentukan jumlah pernikahan yang dilakukan penghulu serta menentukan kinerja di KUA. Dan kedepan simkah web bisa untuk dijadikan laporan terhadap penghulu, sehingga diharapkan penghulu bisa untuk mengoperasikan simkah web pelayanan nikah. Beliau juga mengungkapkan, kegiatan bimtek yang dilaksanakan hari ini untuk meningkatkan pemahaman kepala KUA, penghulu dan operator dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Bimtek Layanan KUA Berbasis IT ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan penerapan Aplikasi SIMKAH di KUA se-Kabupaten Grobogan, penguatan sistem informasi data yang tersentral terkait data potensi SDM maupun sarana/prasarana, juga untuk memberikan pemahaman tentang paradigma baru layanan KUA di era digital,” ujar Roziqun.

Sementara dalam sambutannya Kepala Kemenag Kab. Grobogan, Imron Rosydi menyampaikan, bahwa pelayanan berbasis IT yang diberikan oleh KUA Kecamatan merupakan salah satu bentuk pelayanan modern yang diberikan oleh Kementerian Agama kepada masyarakat. Bertujuan untuk mempermudah pelayanan serta digitalisasi peristiwa nikah.

“Dengan adanya layanan berbasis IT, diharapkan pelayanan di KUA semakin mudah dan cepat. Serta permasalah input data serta koneksi data kependudukan juga bias diminimalisir dengan SIMKAH,” ujar Imron Rosydi.

Baliau juga menambahkan, bahwa pada dasarnya SIMKAH tanpa operator tak berarti apa-apa, oleh karena itu kehadiran operator sangatlah diharapkan dan saya ucapkan terima kasih. Untuk itu marilah kita senantiasa bekerja keras dan kerja cerdas, selain itu sambutannnya menitik beratkan pada pelayanan KUA yang harus tetap di maksimalkan, karena KUA merupakan ujung tombak dari Kantor Kementerian Agama

“Melalui Bimtek layanan KUA Berbasis Simkah web dilingkungan Kantor Kemenag Grobogan, mari kita tingkatkan mutu pelayanan KUA yang berkualitas dan profesional dalam melayani kebutuhan masyarakat,” pintanya.

Imron menambahkan, untuk menerapkan peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan pada KUA Kecamatan perlu adanya penggunaan tehnologi informasi yang mudah diakses oleh masyarakat, salah satunya yaitu melalui penerapan aplikasi SIMKAH yang berintegrasi dengan penerapan e-nikah pada KUA Kecamatan.

“Selain memperoleh materi, nanti peserta juga akan memperoleh pengetahuan langsung dari tenaga ahli dalam bentuk simulasi dan praktek SIMKAH itu sendiri. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti dan memahami semua materi yang akan disampaikan oleh Narasumber sebagai pedoman dalam melaksanakan tugasnya ditempat masing-masing dalam melayani masyarakat,” tutupnya.(bd/Sua)