Kemenag Bersama Balai Diklat Keagamaan Semarang Gelar Pelatihan Pembelajaran Tematik MI

Kudus – Pembelajaran Tematik adalah suatu konsep pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak di kelas awal sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar, konsep belajar dan pembelajaran bermakna.

Pelatihan pembelajaran Tematik yang bias disebut sebagai pembelajaran terpadu, penyampaian materinya disajikan secara terpadu atau terintegrasi antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain. Dalam pembelajaran ini menuntut kreatifitas guru dalam memilih dan mengembangkan tema dan harus memiliki pemahaman yang luas tentang tema yang akan dipilih dalam mata pelajaran.

Sejalan dengan hal tersebut Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus bersama Balai Diklat Keagamaan Semarang mengadakan pelatihan pembelajaran tematik MI yang diikuti sebanyak 40 guru Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) yang belangsung di Aula Kemenag selama 5 hari tanggal 5 s/d 10 April 2021, dengan mendatangkan narasumber 2 widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Semarang yaitu : Teguh Suyitno dan Amiroh Ambarwati.

Dalam sambutanya Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang Anshori yang diwakili Ka Sub Bag TU, Siti Barokah menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketreampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental guru madrasah untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensi sebagai guru yang profesional.

“Prinsip pelaksanaan pelatihan adalah pembelajaran bagi orang dewasa (andragogi) dan agar sesuai sasaran capaian kompetensi yang diperoleh para guru Kementerian Agama, maka pemilihan metode pengajaran harus disesuaikan dengan karateristik peserta pelatihan dan aktualisasi kegiatan yang dilaksanakan di lapangan.” Jelasnya.

Sementara itu Ka Sub Bag Tata Usaha, Jamilun mewakili Kepala Kemenag Kab.Kudus dalam pengarahanya sekaligus membuka acara mengucapkan selamat dating dan ucapan terima kasih kepada Tim PDWK dan BDK yang telah menunjuk Kemenag Kab.Kudus sebagai lokasi pelaksanaan pelatihan Pembelajaran Tematik MI.

Lanjut Jamilun Pelatihan Tematik ini sangat penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam dunia pendidikan Madrasah  Ibtidaiyah di Kabupaten Kudus karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam pembelajaran Tematik. Laksanakan tugas ini dengan baik serta mampu mengimplementasikan pembelajaran Tematik ini di madrasah masing-masing.”pungkasnya . (St.Zul/wwk/bd).