Rukyatul Hilal di Pantai Jati Malang

Purworejo. Menjelang penetapan awal Ramadhan 1442 H, Kementerian Agama Kota Magelang mengikuti Sidang Isbat untuk menetapkan 1 Ramadhan 1442 H. Sidang isbat diselenggarakan Senin (12/04) bertepatan dengan 29 Sya'ban 1442 H. Rukyatul hilal di Pantai Jatimalang Purworejo yang dipimpin oleh Asisten 1 Bupati Purworejo tersebut selain di hadiri oleh tim falakiyah lain dari Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

“Hari ini merupakan awal dari proses untuk menentukan rukyatul hilal  satu ramadhan 1442 H / 2021 M. Kita bersama-sama di tempat ini adalah untuk melihat langsung keberadaan hilal yang muncul di ufuk barat”  kata Pram Prastyo Amad. “Rukyatul hilal sebagai penentuan awal puasa ramadhan” tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Purworejo, Fathur Rachman menyarukyaul hilal saat ini merupakan kerjasama yang dilakukan  Kementerian Agama, Pemerintah Daerah, Pengadilan Agama di wilayah Kabupaten Purworejo. Kegiatan yang dilaksanakan di Gardu Pandang Pantai Dewa Ruci, Jatimalang, Kabupaten Purworejo ini diikuti oleh berbagai unsur baik dari Pemda, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, tokoh agama serta masyarakat sekitar. 

Kepala kantor kementerian agama kota Magelang Sofia Nur dalam kesempatan tersebut mengatakan “Kegiatan rukyatul hilal ini dilaksanakan sebagai dasar dalam pelaksanaan puasa ramadhan tahun 1442 H / 2021 M. Kami Kementerian Agama Kota Magelang mengapresiasi semangat umat Islam yang hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tahun ini. Semoga dengan kegiatan rukyatul hilal dapat memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang penentuan awal puasa ramadhan”ungkap Sofia.

Berdasarkan hasil dari pengukuran, Ramadhan diperkirakan jatuh pada hari Selasa, tanggal 13 April 2021. Namun demikian, keputusan tetap bergantung pada hasil pemantauan hari ini dan pengumuman pemerintah dari hasil sidang isbat Kementerian Agama RI.(Wahono)