Sambut Ramadhan, KUA Reban Bagikan Jadwal Imsakiyah

Batang- Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah, Kementerian Agama Kabupaten Batang  kembali mengedarkan jadwal imsakiyah untuk seluruh masjid dan mushalla di wilayah Kabupaten Batang sebagai pedoman pelaksanan ibadah puasa ramadhan. Pendistribusian jadwal imsakiyah dilakukan melalui KUA Kecamatan. Seperti di KUA Kecamatan Reban pada Jum’at (9/4), Ratusan lembar jadwal imsakiyah dibagikan untuk masjid dan mushalla se Kecamatan Reban oleh Penyuluh Agama Islam dan Kasi Pelayanan Desa.

Plt. Kepala KUA Reban, H.Zahid Luthfi saat menyerahkan secara simbolis Jadwal Imsakiyah di Masjid Desa Pacet, Kecamatan Reban mengatakan, bahwa pembagian jadwal imsakiyah ini bertujuan agar umat Islam yang menjalankan ibadah puasa dapat mengetahui waktu imsak, shalat wajib dan waktu berbuka di wilayahnya masing-masing.

“Melalui jadwal imsakiyah yang disebar di masjid dan mushalla, umat Islam memiliki pedoman dalam menjalankan ibadahnya,” kata H. Zahid Lutfi .

Sementara itu Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Reban Ahmadi, dalam keterangannya menyampaikan himbauannya bahwa terkait awal masuknya bulan Ramadhan masyarakat untuk tetap menunggu hasil sidang Isbat yang dilalukan oleh Pemerintah.

“Walaupun saat ini sudah ada prediksi kapan akan dimulainya puasa ramadhan, tapi kita tetap menunggu keputusan resmi dari Pemerintah,” kata Ahmadi.

Dia juga menyampaikan program kerja Penyuluh Agama Islam KUA Reban selama bulan suci Ramadhan. Diantaranya adalah adalah program Safari Ramadhan yang akan menyasar beberapa masjid di wilayah binaan Penyuluh Agama.

“Insyaallah, pada Ramadhan tahun ini kita akan menjalin silaturrahim dengan masyarakat melalui program safari ramadhan, yaitu dengan mengikuti shalat dhuhur berjamaah ke masjid atau mushola yang telah dijadwal dan penyampaian pesan-pesan ibadah Ramadhan serta menyampaikan program dan kebijakan dari Pemerintah,” pungkasnya.( Zaenal Faizin / Zy/qq)