Siswa MIN 1 Sukoharjo Gunakan Google Form untuk Ujian

Sukoharjo –  Meski masih dalam suasana pandemi, namun bukan berarti hal tersebut harus memaksa kita untuk tidak produktif. Berbagai sarana dan prasarana hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya perkembangan teknologi informasi, Kemajuan ilmu dan teknologi informasi dewasa ini semakin mengikis habis hambatan ruang dan waktu, ia semakin mempermudah tugas-tugas yang dulunya dianggap sulit untuk diseleseikan dengan waktu yang lebih cepat dan dengan cara yang lebih mudah.

Demikian halnya dengan MIN 1 Sukoharjo. Dimasa yang masih serba terbatas akibat pandemi kali ini, pihak madrasah tetap mulai menggelar ujian madrasah (UM) secara serentak. “Setidaknya ada 16 mata pelajaran yang di ujikan dalam sepuluh hari. Sebanyak 118 siswa kelas enam sukses melaksanakan UM yang dilaksanakan pada 1-10 April 2021. ” ungkap Anisah Sholihati,selaku sie kurikulum.

Masih menurut Anisah, UM merupakan salah satu syarat kelulusan siswa madrasah ibtidaiyah. Tahun ini UM dilaksanakan secara online melalui aplikasi google form yang sudah disediakan oleh panitia UM MIN 1 Sukoharjo. Siswa didampingi oleh orang tua mengerjakan UM di rumah masing-masing dengan SOP dan jadwal yang sudah ditentukan pihak madrasah sebelumnya. Wali kelas enam beserta panitia ujian madrasah MIN 1 Sukoharjo setiap harinya memonitoring berjalannya proses pengerjaan UM agar berjalan secara lancar.

Lebih lanjut Anisah menerangkan, beberapa siswa dengan permasalahan tertentu seperti gangguan sinyal, tidak ada pendampingan, atau tidak dapat mengoperasikan gawai diundang ke sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Mereka mengerjakan soal UM menggunakan komputer di laboratorium komputer MIN 1 Sukoharjo. Tidak berbeda dengan yang lainnya, siswa yang mengerjakan di madrasahpun juga dengan pendampingan guru dan pada jadwal yang sama.  “Alhamdulillah walaupun di masa pandemi dan digelar secara daring, UM dapat berjalan secara lancar dan tertib.”  kata kepala Madrsah MIN 1 Sukoharjo, Erma Nurlaila Ariyanti, “Semoga pada kondisi apapun MIN 1 Sukoharjo selalu lancar dalam mengadakan setiap agenda seperti UM online ini, serta dapat mengikuti perkembangan jaman untuk terus berkembang ” harap Erma . (omk/djp/rf)