Wujudkan Madrasah Berprestasi, MAN 1 Kudus Bersinergi Dengan 21 Madrasah Binaan Dalam Program ‘Sahabat Madrasah’.

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Kudus ditunjuk melaksanakan pembinaan dan pelaksanaan ‘Sahabat Madrasah’program Riset dan Tahfid kepada MA dan MTs binaan /mitra di lapangan Indor MAN 1 Kudus yang diikuti oleh Kasi Kursis Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Kasi Penmad, pengawas madrasah, Kepala MTs  dan MA se Jateng, Kepala Desa dan Komite serta guru riset program tahfidz. (6/4/2021)

‘Sahabat  Madrasah adalah salah satu program Jateng Majeng yang dicanangkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di bidang pendidikan yang harapanya dapat bersinergi menjadi mitra /binaan dari madrasah yang ada di lingkungan masing-masing madrasah pemitra.

Sedangkan tujuan dari program sahabat madrasah adalah sebagai upaya mewujudkan madrasah madrasah berkeunggulan dan berprestasi dan berimbas kepada madrasah lain dalam melaksanakan pengelolaan dengan baik untuk bersama berprestasi dan berbenah dengan madrasah lain agar keberhasilan dalam mengelola madrasah unggul berprestasi berimbas kemitra /binaan.

Kepala MAN 1 Kudus, Suhamto menyambut baik program ‘Sahabat Madrsah’. “Program sahabat madrasah bertujuan dalam rangka meningkatkan mutu, daya saing dan pemerataan kualitas pendidikan pada satuan pendidikan madrasah. Pada prinsipnya kerjasama MAN 1 Kudus dengan madrasah binaan/mitra adalah kemitraan, kesetaraan, kebersamaan dan saling menguntungkan dengan menghargai keberadaan masing-masing madrasah. ”Jelasnya saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Lanjut Suhamto “MAN 1 Kudus ditunjuk mendampingi 35 Madrasah Binaan  Madrasah di Jawa Tengah , namun karena adanya pandemic covid -19  binaan madrasah di bagi 2 kelompok. MAN 1 merupakan kelompok pertama. Ada 21 Madrasah Binaan diantaranya, MAN 1 Blora, MAN 1 Pati, MAN 2 Pati, MAN Demak, MTsN 10 Boyolali, MTsN 3 Demak, MTsN 5 Demak, MTsN 4 Demak, MTsN1 Demak, MTsN 1 Jepara, MTsN 1 Pati, MTsN 1 Purworejo, MTs N 1 Purworejo, MTsN 1 Tegal, MTsN 1 Grobogan, MTsN 1 Blora, MTsN 2 Kudus, MA NU Tasywiquth Tullab Salafiyah (TBS) Kudus, MTs Muhamaadiyah Kudus, MA NU Hasyim Asy’ari 3 Kudus, MA NU Banat Kudus dan MA Ma’ahid Kudus.

Selanjutnya sambutan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah , Musta’in Ahmad dalam pembinaanya melalui virtual mengucapkan selamat kepada MAN 1 Kudus atas prestasi yang telah dicapai oleh MAN 1 Kudus .

“ Kita bersama sama akan menjadi saksi sekaligus pelaku sejarah di dalam perkembangan kemajuan madrasah. Apa yang telah dicapai madrasah adalah suatu bentuk keberhasilan pembangunan dibidang agama  di Negara kita ini. Tidak ada kata lain  kecuali yang paling utama rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala karunia kepada kita.” jelasnya.

Di akhir sambutanya beliau mengajak kepada kita semua untuk melaksanakan pengelolaan madrasah sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi bersama dan membagi keberhasilan prestasi kepada madrasah lain dengan cara pendampingan dan pembinaan. Semoga program ini berjalan dengan lancer dan sukses.

Setelah acara pembinaan dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman antara MAN 1 Kudus dengan 21 Madrasah mitra/binaan tentang kerjasama pelaksanaan kegiatan program sahabat madrasah Kantor kementerian Agama Kabupaten Kudus (St.Zul/wwk/bd).