Hadirkan Nuansa Spiritual di Lingkungan Kerja, Kemenag Pati Gelar Khatmil Qur’an Secara Rutin

Hadirkan Nuansa Spiritual di Lingkungan Kerja, Kemenag Pati Rutin Gelar Khatmil Qur’an

Pati – Alunan ayat-ayat suci al-Qur’an menggema dengan lembut dan menebar suasana damai yang syahdu melalui pengeras suara Mushala Al-Ikhlas, mengawali hari di pagi yang cerah pada Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Jum’at (26/11/2021)

Ayat-ayat suci ini dibacakan oleh kepala kantor, kepala subbag tata usaha, para pimpinan unit kerja serta ASN muslim/muslimah Kankemenag Kabupaten Pati yang mengikuti kegiatan Khatmil Qur’an yang digelar rutin tiap hari Jum’at Legi di Mushala Al-Ikhlas pada tiap bulannya dengan tanggal yang telah terjadwal.

Kepala Subbag Tata Usaha Ahmad Syaiku, dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini diprakarsai oleh agen perubahan Kemenag Pati yang telah meluncurkan program Karimah (sedekah dari rumah) beserta Kepala Kantor Kementerian Agama sebagai penanggung jawab kegiatan bekerjasama dengan para pimpinan unit kerja di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pati.

“Kita bekerja memenuhi tugas dan kewajiban adalah ibadah. Bukan semata-mata untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan hidup dan berorientasi materi. Sungguh akan sangat indah jika kita juga menghadirkan nuansa spiritual di lingkungan kerja,” jelas Syaiku.

Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan melestarikan khatmil Qur’an di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, tegasnya.

Sementara Kepala Kankemenag Kab. Pati, Ali Arifin dalam arahannya berharap dengan adanya kegiatan Khatmil Qur’an yang diadakan secara rutin tiap bulan ini diharapkan dapat memberikan sentuhan suasana dan semangat keagamaan yang kental.

Apalagi, lanjut Dia, kegiatan yang telah digelar untuk kedua kalinya ini dilaksanakan sebelum jam kerja dan didukung semua unsur di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, tentu makin menegaskan peran Kementerian agama dalam membina dan meningkatkan kualitas kehidupan beragama ASNnya, ujarnya. 

Kegiatan ini diakhiri dengan sarapan bersama. Tampak terlihat terjalinnya keakraban dan kebersamaan di antara pegawai kantor Kemenag Kabupaten Pati. (at)