Jelang Penilaian Akhir Semester MTs Nurul Huda Banyuputih Gelar Doa Bersama

* Untung Maliki Alhafidz guru Qur’an Hadits sekaligus penanggung jawab kelas tahfidz 30 juz MTs Nurul Huda Banyuputih sedang memimpin mujahadan dan doa bersama

Batang– Dalam rangka menyambut kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2021/2022 dan menumbuhkan sikap spiritual pada para siswa, MTs Nurul Huda Banyuputih menggelar mujahadah dan doa bersama pada Senin (29/11) di mushola madrasah. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa dan segenap guru.

Penanggung jawab kegiatan Abdul Mufid dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas VII – kelas IX yang berjumlah 584 siswa. Menurutnya agar tidak terjadi kerumunan, maka acara ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama kelas VII dan sebagian kelas IX, sedangkan sesi ke dua untuk Kelas VII gabungan dengan sebagian kelas IX.

“ Agar tidak terjadi kerumunan di mushola mengingat masih suasana pandemic maka acara mujahadah dan doa bersama ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pada jam 07.15 WIB untuk kelas VIII dan sebagian kelas IX sedangkan sesi kedua mulai jam 10.00 WIB untuk kelas VII dan sebagian kelas IX,” kata Abdul Mufid.

Dia menambahkan bahwa tujuan dari acara ini selain menanamkan sikap religius dimana setiap saat sebagai muslim untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, juga merupakan penyiapan mental siswa untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) .

 “Kegiatan ini bertujuan untuk menata kembali dan menyiapkan mental siswa dalam menghadapi PAS. Harapannya melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan sikap spiritual siswa,” tambahnya.

Sementara itu, Khoirin kepala MTs Nurul Huda dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh guru dan siswa yang telah ikut melaksanakan acara ini. Dia berharap acara mujahadah dan doa bersama ini akan dapat membangkitkan semangat para guru dan siswa untuk mempersiapkan Penilaian Akhir Semester.

* Para Siswa dan Guru MTs Nurul Huda Banyuputih tampak khusuk mengikuti acara mujahadah dan doa bersama

“Terimakasih kepada bapak ibu guru semua yang telah mengikuti kegiatan ini, dan untuk para siswa kami berpesan jadikan ini sebagai momen untuk membangkitkan kembali semangat belajar kalian,” tegasnya.

Dia juga menuturkan bahwa kita sebagai muslim diwajibkan Allah SWT untuk selalu berdoa setiap saat juga selalu berdoa tiap akan melakukan aktifitas.

“ Sebagai muslim kita diperintahkan oleh Allah SWT selalu berdoa sebelum melakukan aktifitas, agar diberi kemudahan dan jalan terang dalam melaksanakannya, maka saat kita akan melaksanakan PAS tentu sangat tepat kegiatan ini diadakan,” tuturnya.

Doa bersama ini dipimpin oleh Untung Maliki Alhafidz guru Qur’an Hadits sekaligus penanggung jawab kelas tahfidz 30 juz. Dia mengawali mujahadahnya dengan pembacaan asmaul husna dilanjutkan dengan mujahadah dan pembacaan doa. Semua peserta dengan khusuk megikuti kegiatan ini.

Setelah doa bersama selesai para siswa langsung mendapat pembekalan untuk persiapan kegiatan Penilaian Akhir Semester oleh wakil kepala bidang kurikulum, Zaenal Arifin.

“ Rencana PAS akan dilaksanakan mulai Selasa-Kamis  (30/11-9/13) berbasis daring lokal, untuk itu para siswa serius mempersiapkan materinya, semakin tekun belajar agar memperoleh hasil maksimal,” pungkasnya.( ulfa dwi khasanah / Zy)