MTs Muhammadiyah Merden Adakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

Banjarnegara – Menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementrian Agama Kabupaten Banjarnegara nomor 7057/Kk.11/04/4/PP.00/10/2021, MTs Muhammadiyah Merden jalankan upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. Upacara dilaksanakan di lapangan Madrasah dan diikuti oleh segenap dewan guru serta beberapa siswa yang terjadwal masuk pada hari itu, Jum’at, (22/10).

Pada saat pembukaan, Soleh Santosa selaku Kepala Madrasah menyampaikan kepada siswa tentang peringatan hari santri dan tujuan dilakukannya upacara. “Kini setiap tanggal 22 bulan Oktober sudah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional untuk memperingati perjuangan para Kiai maupun santri yang dulu sudah sangat berperan dalam perjuangan memajukan negara ini,” terangnya.

Kepala Madrasah juga memberikan amanat kepada para siswa untuk menjadi santri yang cerdas kreatif dan inovatif. “Saya harap kalian menjadi generasi muda yang cerdas, kreatif, inovatif dan berakhlakul karimah serta siap jiwa dan raga untuk meraih cita-cita masa depan sesuai dengan tema hari santri tahun ini santri siaga jiwa dan raga, Allahuakbar,” ujarnya.

Diakhir penyampaian amanat kepada para siswa, Soleh memberikan pengertian terkait betapa pentingnya belajar dan pentingnya menghormati para guru atau para ustadz dan ustadzah “Untuk menjadi generasi muda yang cerdas, kreatif, inovatif maka belajar atau menuntut ilmu menjadi suatu hal yang wajib dan sangat penting untuk mewujudkan hal demikian. Agar ilmu yang kalian pelajari dapat mudah terserap, kalian juga harus menghargai ustad/ustadzah. Sering-sering memberi salam dan jangan terlalu banyak glewehan, bercanda. Karena hal itu akan menjadikan kita keras hati,” pungkasnya (rks/ak/rf)