Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah berdialog dengan Kepala KUA Selo

Kakanwil Kunjungi Daerah Rawan Bencana

Boyolali – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah mengunjungi KUA Selo pada Jumat (17/12). KUA yang terletak di lereng merapi tersebut dikunjungi oleh Kakanwil Kemenag Prov Jateng dengan menggunakan kendaraan roda dua didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Plt Kabid Urais Binsyar dan pranata humas. Hadir dalam kesempatan tersebut kepala KUA Selo, ASN pada KUA Selo dan Penyuluh non PNS yang sedang melaporkan kegiatan mingguan.

Dalam kunjungan tersebut Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Mustain Ahmad menyampaikan bahwasannya beliau sengaja menyempatkan diri untuk mengunjungi Kecamatan selo khusunya KUA selo dikarenakan fenomena alam gunung merapi yang terjadi pada akhir akhir ini. “saya sengaja kesini naik motor bersama pak Kankemenag dan Plt Kabid Urais untuk mengetahui kondisi di kecamatan selo ini, kemarin saya ke semeru melihat langsung kondisi disana, kemudian teringat bahwa merapi juga sedang mengalami peningkatan aktivitas.” Kata Mustain

Mustain juga menanyakan kesiap siagaan Kementerian Agama dalam hal ini KUA Kecamatan selo dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi berkaitan dengan meninkatnya aktifitas gunung merapi. Berdasarkan informasi dari BPPTKG gunung merapi telah memasuki status siaga (Level 3) sejak November 2020. Namun demikian pada akhir akhir ini gunung merapi sedang menunjukkan peningkatan aktifitas yang agak signifikan.

 “Yang terpenting dari meningkatnya aktifitas merapi bagi Kementerian Agama adalah bagaimana mengedukasi masyarakat bahwasannya apa yang terjadi pada merapi ini merupakan sunnatullah, sesuatu yang sudah digariskan oleh tuhan sehingga masyarakat lebih siap dalam menghadapi itu semua,” ungkapnya

Selanjutnya Mustain berpesan bahwasannya gunung merpai merupakan hadiah dari tuhan kepada masyarakat selo. Adanya gunung di suatu tempat merupakan amanah dari tuhan kepada manusia untuk menjaga gunung tersebut agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar

“Gunung ini merupakan anugrah, tinggal sekarang bagaimana kita bisa menjaga sehingga gunung ini mampu memberi berkah yang maksimal, ya kalau merapi sedang batuk – batuk sebaiknya kita agak menyingkir sehingga tidak terkena dampaknya,” pesan Musta’in.

Sementara itu kepala KUA selo, Agung Arif merasa senang sekaligus bangga kantornya didatangi oleh pejabat tingkat provinsi. Dirinya tidak menyangka bahwa Kakanwil Kemenag Jateng bersedia datang ke KUA Kecamatan di lereng merapi.

“Saya kaget waktu mengetahui tamu yang datang adalah pak kakanwil, apalagi tadi datangnya naik motor, saya kira tadi masyarakat yang mau daftar nikah, ternyata malah pak Kakanwil yang datang, Alhamdulillah dengan datangnya pak kakanwil ke KUA selo ini banyak sekali pengetahuan yang kami dapat, semoga dengan datangnya pak kakanwil di KUA kecamatan selo memberikan semangat kepada teman teman untuk lebih berkhidmad kepada kementerian agama,” Ujar agung (Zoelva/Jaim/rf)