Kesehatan Adalah Salah Satu Modal Untuk Beramal Soleh

Slamet Hasanudin Penyuluh Fungsional sedang memberi siraman rohani pada kelompok lansia .

Batang – Melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang penerangan Agama Islam, sebagaimana terlihat pada Jumat (10/12), Slamet Hasanudin, Penyuluh Agama Islam Fungsional didampingi Penyuluh Agama Islam Non PNS memberikan bimbingan kerohanian di Pos kelompok kegiatan (POKTAN) Bina Keluarga Lansia (BKL) RW 01 Kelurahan Kasepuhan yang dihadiri oleh 20 orang Lansia.

Dalam sambutannya, Sri Mulyaningsih koordinator Kelompok Bina Keluarga Lansia, menyampaikan bahwa para lansia membutuhkan pendampingan tidak hanya dari segi kesehatannya saja, namun mereka juga perlu diberikan penguatan nutrisi ruh sehingga secara mental akan selalu siap menghadapi kenyataan yang ada.

” Dalam kelompok BKL ini, kegiatannya adalah para lansia setelah kita cek kesehatannya, dilanjut dengan siraman rohani untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yang dirangkai dengan kegiatan terakhir adalah senam lansia,” jelas Sri Mulyaningsih.

Sementara itu, Slamet Hasanudin, yang diberi kesempatan untuk menyampaikan siraman rohani, mengingatkan kepada para lansia bahwa selama manusia masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bernafas, di saat itulah manusia diingatkan oleh-Nya untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan dan amal sholih.

Kelompok lansia antusias mendengarkan santapan rohani yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam.

” Selama kita masih diberi nafas oleh Allah, maka saat itulah kita diingatkan oleh-Nya untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan dan amal sholih,” kata Slamet.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa amal sholeh sangat luas cakupannya, Semua perbuatan baik yang didasari niat ikhlas karena Allah dan mengikuti sunnah/ajaran Rasulullah, maka perbuatan tersebut dinamakan amal sholeh.

“ Amal sholeh itu sangat luas cakupannya, semua perbuatan baik atas dasar niat ikhlas karena Allah dan mengikuti sunnah/ajaran Rasulullah, maka dinamakan amal sholeh,” paparnya.

Sedangkan Penyuluh Agama Islam Non PNS yang sekaligus ketua MUI Kecamatan Batang, Khasan Khudori menambahkan bahwa setiap hari hendaknya jangan lupa kita selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT, salah satunya memohon dianugerahi afiyah yaitu bebas dari penyakit dan musibah.

” Kalau kita dalam kondisi afiyah atau sehat, berarti kita punya kesempatan yang maksimal untuk melaksanakan amal sholeh,” tegasnya. (hasanuddin/Zy)