Monitor Kinerja Kepala MAN Batang, Pengawas Madrasah Lakukan Penilaian Kepala Madrasah

* Hj. Minarsih bersama H. Agus Nugroho bersama Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi membuka acara PKKM di MAN Batang .

Batang – Untuk melihat dan mengevaluasi kinerja Kepala MAN Batang, Pengawas Madrasah melakukan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PPKM) yang dilaksanakan pada Senin (20/12) kemaren. Hadir dalam acara itu dua pengawas madrasah H.Agus Nugroho dan Hj.Minarsih yang disambut hangat oleh Kepala MAN beserta para guru.

Waka Kurikulum MAN Batang Zinati Jumah, dalam keteranganya mengatakan bahwa pihaknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sebulan sebelum pelaksanaan PKKM, dengan melakukan mensosialisasi dan mendelegasikan tugas – tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan job discriptionnya kepada para guru yang ditunjuk.

“ Alhamdulillah pelaksanaan PKKM di MAN Batang berjalan lancar dan sukses. Terima kasih kepada Bapak Haji Agus Nugroho dan Ibu Hajah Minarsih yang telah meluangkan waktu untuk memberikan penilaian,evaluasi, dan masukan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan MAN Batang,” ungkap Zinati

Dia menambahkan PPKM sesungguhnya melihat kinerja Kepala Madrasah dari aspek komponen usaha pengembangan madrasah, komponen tugas manajerial, usaha pengembangan kewirausahaan madrasah, dan komponen supervisi guru dan tenaga kependidikan.

“ Meskipun sebenarnya yang dinilai adalah Kepala Madrasah namun sebenarnya menyangkut pada semua tugas guru, sehingga komponen yang akan dievaluasi itu ditugaskan pada keempat wakil kepala madrasah sebagai koordinator dan penanggung jawab,” tuturnya.

* Para Guru MAN sedang berdiskusi dengan pengawas Madrasah untuk melihat komponen-komponen sebagai penunjang penilaian Kinerja Kepala Madrasah

Sementara itu,Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi dalam sambutanya mengemukakan bahwa PKKM merupakan evaluasi tahunan yang memang perlu dipersiapkan dengan baik agar tercapai hasil yang memuaskan.

“Terima kasih kepada jajaran waka,guru, dan staf tenaga kependidikan yang telah membantu terlaksananya PKKM dari awal sampai akhir hingga berlangsung dengan lancar dan sukses,” ujar beliau.

Salah satu tim evaluasi H. Agus Nugroho mengungkapkan bahwa pihaknya merasa bangga karena MAN Batang yang merupakan madrasah binaannya semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan.

“ Kami bangga, akhir- akhir ini MAN Batang menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Akreditasi tahun ini mendapat nilai A. Prestasi-prestasi yang dipersembahkan siswa-siswanya juga cukup membanggakan,” ungkap H. Agus Nugroho.

Dia berharap PKKM ini menjadikan kepala MAN Batang dan jajarannya semakin mampu berbenah diri untuk meraih prestasi kedepannya.

“ Kami berharap PPKM ini juga menjadi pelecut agar kedepan MAN Batang untuk berbenah kembali sehingga akan menambah prestasi yang lebih baik lagi,” katanya.

Lain halnya dengan Hj.Minarsih, dia menyampaikan bahwa kegiatan – kegiatan di MAN Batang sudah sesuai dengan empat komponen yang dinilai, hanya dari sisi program kerjanya harus lebih disempurnakan.

“Segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan madrasah baik kurikuler maupun ekstrakurikuler harus ada program kerja dan laporannya,” ungkapnya usai melakukan penilaian.(Shobirin / Zy)