MTs NU Al Syairiyah Limpung Menerima Tim PKKM Dari Kemenag Kab. Batang

* Hj. Minarsih bersama Purwoto didampingi Kepala MTs NU Al Syairiyah Limpung sedang membuka acara Penilaian Kinerja Kepala Madrasah

Batang – Program Pengawas Madrasah di penghujung tahun 2021 begitu padat, meskipun demikian mereka dengan sangat sigap melaksanakan program itu. Salah satunya adalah Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang kali ini Senin ( 27/12) menyasar di MTs NU Al Syairiyah Limpung. Pengawas Madrasah yang bertugas diantaranya Hj. Minarsih dan Purwoto tampak disambut hangat oleh Kepala Madrasah beserta para gurunya.
Kepala MTs NU Al Syairiyah Limpung Ali Mujib dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terimakasih pada para pengawas yang telah berkunjung di Madrasahnya. Menurutnya madrasah telah menyiapkan semua yang akan dilihat oleh para pengawas, namun bila masih ada yang kurang maka semua akan menjadi catatan yang harus diupayakan.
“ Selamat datang kami sampaikan pada para pengawas, madrasah kami telah mempersiapkan apa saja yang akan diperiksa oleh pengawas namun bila masih ada yang kurang maka akan menjadi catatan kami untuk kita lengkapi,” kata Ali Mujib.
Dia juga menambahkan bahwa era informasi dan transformasi digital begitu cepat saat ini tentu madrasah pasti ada hal-hal yang baru yang belum kami ketahui, untuk itu katanya bimbingan dan pencerahan dari para pengawas sangat kita harapkan.
“ Kita telah berusaha semaksimal mungkin dengan bahu- membahu, namun di era informasi dan transformasi yang begitu cepat ini terkadang madrasah ada yang belum diketahui berbagai informasi yang baru, maka kami mohon bimbingan dan pencerahan dari para pengawas agar kedepan madrasah semakin baik,” ungkapnya.
Dalam sambutannya Purwoto menekankan bahwa selain sebagai media silaturahmi, PKKM ini penting untuk dilaksanakan. Menurutnya madrasah akan dapat berkembang dengan baik tidak hanya telah berhasil memperoleh siswa yang banyak, namun harus ditunjang dengan manajerial seorang kepalanya, bagaimana Kepala Madrasah menggerakkan potensi yang ada dan bagaimana dia merangkul seluruh potensi yang ada.
“Melalui PKKM ini kita dapat menjalin silaturrahim dan saya berharap kepala madrasah sebagai manajerial mampu merangkul semua pihak di lingkungan madrasah sedangkan para guru melengkapi administrasi. Selain itu dituntut inovasi dan kreativitas kepala dalam mengembangkan madrasahnya,” ungkap Purwoto.
Dia menuturkan PKKM adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala setiap tahun sekali.

* Para Pengawas, Kepala Madrasah dan para guru berpose bersama setelah selesai rangkaian acara PKKM


“ Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknisnya, dinilai berdasarkan 4 komponen yang meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervise kepada guru dan tenaga kependidikan, serta hasil kinerja kepala madrasah,” tuturnya .
Purwoto berpesan agar seluruh stakeholder madrasah selalu bekerja sama, guyup rukun untuk mencapai madrasah hebat bermartabat. Capaian keberhasilan kinerja kepala madrasah tidak terlepas dari peran serta dan bantuan dari semua komponen yang ada di madrasah.
Sementara itu Hj. Minarsih dalam sambutannya menyoroti tentang keadaan madrasah baik dari sisi tenaga pendidikan, para guru maupun jumlah peserta didiknya. Menurutnya MTs ini memiliki sumberdaya yang cukup melimpah para guru dan tenaga kependidikan milenial juga memiliki jumlah peserta didik yang terbanyak di Kab. Batang.
“ MTs NU AL Syairiyah Limpung memiliki guru dan tenaga kependidikan yang mayoritas kaum milenial, sehingga sangat baik dalam IT atau melek teknologi. Disamping itu MTs ini merupakan madrasah dengan jumlah peserta didik paling banyak di Kabupaten Batang, maka sudah menjadi kewajiban amanah dan kepercayaan masyarakat harus tetap dijaga,” ungkap Hj. Minarsih.
Dia juga menegaskan untuk menjaga kepercayaan masyarakat pada madrasah ini maka yang pertama harus memiliki Kepala Madrasah yang kompeten dalam tugas-tugasnya, memiliki standar kompetensi sebagai kepala dan memahami persoalan madrasah dalam semua aspek dan dapat memecahkan persoalan itu bersama seluruh potensi yang ada.
“ Tujuan PKKM ini adalah melihat kinerja kepala madrasah yang dilihat dari empat aspek yaitu pengembangan madrasah, tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervise kepada guru dan tenaga kependidikan, serta hasil kinerja,” tegasnya.

Diakhir acara Kepala Madrasah menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh element Madrasah yang telah membantu mempersiapkan penilaian tersebut dan atas doa serta dukunganya dia optimis akan memperoleh hasil maksimal. (Mujib/Zy_Humas)