081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pelaksanaan BIAS ke-2 Siswa MIN 2 Sukoharjo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 2 Sukoharjo – Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) diadakan dua kali dalam setahun. Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD / madrasah terhadap penyakit tertentu. imunisasi di MIN 2 Sukoharjo yang pertama sudah dilakukan dibulan November kemarin dan imunisasi kedua di lakukan pada bulan Desember yang bertempat MIN 2 Sukoharjo kampus 2 ( Joho ) pada Sabtu, 11 Desember 2021 dan jenis imunisasi pada kali ini adalah Imunisasi DT untuk seluruh siswa-siswi kelas 1 sedangkan imunisasi TD untuk seluruh siswa-siswi kelas 2 dan 5 MIN 2 Sukoharjo, Sabtu(11/12/2021)

Vaksin DT diberikan kepada anak-anak usia di bawah 7 tahun untuk mencegah difteri dan tetanus yaitu yang diberikan bagi anak kelas I. kemudian Vaksin TD diberikan kepada anak-anak dan orang dewasa, untuk mencegah tetanus, difteri.

Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati menjelaskan bahwa imunisasi merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk mencegah penyakit tertentu misalnya Difteri, Tetanus dan lain sebagainya.

“Mengimunisasi suatu hal diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, karena penyakit yang menular seperti Difteri, dan Tetanus, yang sudah pernah dinyatakan berhasil ditangani di beberapa negara, dapat kembali menyebar, ” jelas Wiretno.(11/12)

Menurut Uut Putri Susilowati, A.Md.Kep. yang bertindak sebagai koordinator dalam kegiatan tersebut mengatakan adapun pelaksanaan imunisasi di madrasah dilaksanakan sesuai dengan pembagian jadwal yang telah ditetapkan karena mengingat jumlah siswa yang banyak, yaitu ada 609 orang dan juga masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dan pada kesempatan ini MIN 2 Sukoharjo bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Sukoharjo dalam pelaksanaan imunisasi TD dan DT.

“Dikarenakan imunisasi masih dalam masa pandemi Covid-19, maka imunisasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk menghindari kerumunan,” ungkap Uut.

Uut menambahkan, bagi siswa yang pada hari tersebut berhalangan untuk mengikuti imunisasi, maka bisa mengikuti imunisasi susulan di Puskesmas kecamatan Sukoharjo pada hari Rabu pukul 10.00 sampai pukul 11.00 WIB. Dan Uut menambahkan BIAS sudah terakhir bagi anak kelas I karena anak-anak kelas I sudah melakukan imunisasi untuk kedua kalinya.

Sementara itu menurut Kordinator bidang Humas MIN 2 Sukoharjo, Gunawan Widodo menjelaskan secara keseluruhan proses imunisasi berjalan dengan baik dan lancar baik dilihat dari petugas maupun dari peserta imunisasi.

“Alhamdulillah Tim dari Puskesmas kecamatan Sukoharjo yang terdiri dari 1 Dokter, 7 bidan dan 10 perawat tiba di Madrasah sekitar pukul 07.30 WIB sehingga pelaksanaan imunisasi bisa selesai sebelum jam sebelas siang, ” tutur Gunawan.

Tentunya banyak sekali ekspresi dari siswa dan siswi yang mengikuti BIAS hari ini ada yang senang ada juga yang ketakutan bahkan sampai nangis karena takut disuntik” ungkap Gunawan. ( Rifki/Zul/rf).

.