Pengawas Madrasah Sambangi MAM Limpung Lihat Kinerja Kepala Madrasah

* Hj. Minarsih bersama Purwoto Pengawas madrasah didampingi Kepala MAM Limpung sedang memulai kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MAM Limping

Batang – Untuk melihat kinerja kepala MA Muhammadiyah Limpung, kemaren Senin (27/12) Pengawas Madrasah Kemenag Kab. Batang melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang disambut langsung oleh Kepala dan para guru di Madrasahnya. Pengawas madrasah yang bertugas disana terdiri dari dua personal yaitu Hj. Minarsih dan Purwoto.

Kepala MAM Limpung Ahyaudin, dalam sambutan pembukaanya mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Menurutnya penilaian ini sebenarnya tidak hanya performa seorang Kepala Madrasah namun menyangkut seluruh aspek pendidikan yang ada di Madrasah, maka melibatkan semua guru yang ada.

“Sebelumnya saya mengucapkan selamat datang di MA Muhammadiyah Limpung kepada Bapak Purwoto dan Ibu Hj. Minarsih dalam kegiatan PKKM ini, kami telah mempersiapkan dengan matang, namun bila masih ada kekurangan disana-sini, mohon bimbingan, pengawasan, motivasi serta masukan kedepannya sehingga MAM Limpung menjadi madrasah yang lebih baik ,” ungkap Ahyaudin.

Dia berharap kegiatan ini dapat menjaga kekompakan antara kepala madrasah maupun guru dengan tim pengawas, kususnya bila ada hal-hal yang baru maka madrasah akan dengan senang hati mengikuti arahan dari para pengawas.

“ Semoga kekompakan kita selalu terjaga, tidak hanya di momen PKKM ini saja, bila nanti ada hal-hal baru yang kami belum tahu maka madrasah akan mengikuti semua arahan para pengawas,” Sambung Ahyaudin.

Sementara itu salah satu tim pengawas Purwoto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya merasa bangga karena MAM Limpung semakin menunjukkan prestasi yang diperolehnya diajang perlombaan.

“ Selamat atas prestasi yang telah dicapai oleh MAM Limpung. Alhamdulillah di KSM mendapatkan medali perak dan tak lupa kemarin dalam ajang OlympicAD juga mendapat medali emas,” ungkap Purwoto.

Dia juga menegaskan penilaian kepala madrasah diharapkan mampu memicu kinerja kepala madrasah agar lebih baik, sehingga mampu merambah kepada para guru. Menurutnya ada 4 komponen yang akan kita lihat dalam kesempatan ini.

“ PKKM ini tidak hanya melihat secara langsung kepribadian Kepala Madrasah saja, namun yang akan diuji berkaitan dengan kinerja kepala madrasah yang meliputi 4 komponen yaitu usaha pengembangan madrasah, tugas manajerial, kewirausahaan, dan supervisi,” sambung Purwoto.

* Hj. Minarsih sedang melakukan wawancara dengan beberapa guru MAM Limpung untuk mengetahui tingkat ketercapaian komponen penilaian

Untuk melihat semua komponen itu menurutnya perlu adanya diskusi secara mandiri dengan kepala madrasah dan para guru dan setelah itu kita lakukan evaluasi secara bersama-sama. kita buktikan bersama-sama dengan dokumen yang ada.

Sedangkan Hj.Minarsih dalam keterangannya menyampaikan bahwa dalam penilaian ini MAM Limpung ada peningkatan dan sudah sesuai dengan empat komponen yang dinilai. Hanya dari beberapa program kerja yang harus disempurnakan.

“ Segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan harus ada program kerja dan laporannya, semuanya dipantau dan ditulis di LPJ, kendala atau hambatan yang ditemukan,” kata Hj. Minarsih.

Dia juga menuturkan program madrasah yang telah ditetapkan dan sudah matang harus diserahkan pada orang yang mumpuni dalam bidangnya.

“ Agar rencana program madrasah yang telah ditetapkan dapat direalisasikan sesuai jadwalnya maka kepala Madrasah harus memberikan mandat program itu pada guru yang menguasai dibidangnya,” tuturnya.

Hj. Minarsih juga menjelaskan bahwa salah satu tujuan PKKM yang terpenting adalah agar manajemen satuan pendidikan di semua madrasah dapat berjalan sesuai regulasi dan tata aturan yang telah ditetapkan.

“ Seorang guru yang sukses itu dia yang mampu mengantarkan peserta didiknya ke prestasi. MAM Limpung luar biasa sekali,” pungkasnya. (Hana Rizayanti / Zy_Humas)