PKKM Salah Satu Acuan untuk Meningkatkan Profesional Kepala Madrasah

* Purwoto bersama Hj. Minarsih Pengawas Madrasah didampingi Kepala Madrasah sedang mengawali acara PKKM di MTs Darussalam Subah

Batang  – Dipenghujung tahun 2021 ini Pengawas Madrasah terus menyasar seluruh madrasah untuk melakukan penilaian dan monitoring kinerja para kepala madrasah, ini dilakukan selain sebagai media untuk melihat secara langsung perkembangan madrasah juga melihat persoalan dan kemajuan madrasah. Salah satu madrasah yang kali ini Rabu (29/12) didatangi adalah MTs Darussalam Subah.

Kepala MTs Darussalam Romadi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan selamat datang pada tim Pengawas Madrasah yang telah berkunjung di madrasahnya untuk melaksanakan kegiatan PKKM.

“ Selamat datang para pengawas madrasah Kemenag Kab. Batang yang telah berkunjung di madrasah ini,” kata Romadi.

Dia juga menyampaikan prinsip dasar yang dikembangkan di madrasahnya. Menurutnya MTs Darussalam yang berada dilingkungan pondok pesantren dimana mayoritas siswanya adalah para santri tetap melaksanakan pendidikan sesuai regulasi sebagaimana madrasah secara umum.

“ Dalam menyelenggarakan pendidikan, MTs kami memperhatikan 3 P yaitu Penampilan, Pelayanan dan Prestasi, prinsip itu kami jaga agar madrasah yang telah dipercaya oleh masyarakat ini tetap berkembang dan dapat mencetak para siswa yang taat dengan agamanya dan selalu berprestasi,” tuturnya.

Pengawas Madrasah Hj. Minarsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTs Darussalam ini adalah madrasah yang suasananya nyaman khas pesantren, guru-gurunya pun terlihat kompak dan selalu semangat.

“MTs Darussalam dipercaya banyak masyarakat maka sistem manajemennya harus selalu diperbaiki, pelayannnya harus prima,” kata Hj. Minarsih.

Dia juga menegaskan Penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM) ini adalah media untuk melihat seberapa pengaruh Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas-tugasnya, maka menurutnya yang akan dilihat adalah usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah.

* Para Pengawas Madrasah sedang merekam data yang disajikan para guru serta berdialog dengan mereka tentang kinerja Kepala Madrasah

“ Ada beberapa aspek yang akan kita lihat dalam PKKM ini diantaranya pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah,” tegasnya.

Sementara itu Purwoto pengawas madrasah yang lain dalam evaluasi dan refleksinya, memberikan apresiasi kepada seluruh yang terlibat dalam PKKM ini. Menurutnya PKKM ini meskipun yang dilihat adalah kinerja Kepala Madrasah, namun dalam pembuktian data dukung serta penyiapannya pasti melibatkan para guru semua.

“ Kami mengapresiasi pada seluruh potensi madrasah yang telah bahu-membahu mempersiapkan acara ini, memang kita harus tahu bahwa acara ini meskipun yang dilihat adalah Kepala Madrasahnya, namun dalam pembuktian kinerjanya pasti melibatkan semua guru dan tenaga Kependidikan yang ada,” jelas Purwoto.

Ia juga menyampaikan terkait dengan berbagai hal yang harus diperhatikan agar kedepannya MTs Darussalam bisa menjadi lebih baik lagi. Di akhir sambutannya ia juga berpesan kepada seluruh warga MTs Darussalam Subah untuk tetap menjaga kekompakan. (Fitri / Zy_Humas)