Semeru Erupsi, MIN 1 Sukoharjo Galang Donasi

Sukoharjo-Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Erupsi gunung ini disertai guguran lava dan awan panas yang menimbulkan bencana serta merusak pemukiman warga. Bencana alam ini menyebabkan setidaknya 48 orang meninggal dunia, 18 orang luka berat, dan 12 luka ringan. Tidak hanya itu, berdasarkan data BNPB, tercatat ada 9.977 jiwa harus mengungsi karena erupsi ini yang tersebar di 148 titik pengungsian di Kabupaten Lumajang. 

Kondisi memprihatinkan yang dialami oleh para pengungsi mulai dari kehilangan keluarga, kehilangan tempat tinggal, serta harta benda membuat masyarakat tanah air tergerak untuk mengumpulkan bantuan. Tak terkecuali keluarga besar MIN 1 Sukoharjo yang dengan sigap mengumpulkan donasi guna membantu korban erupsi Gunung Semeru.

“Donasi ini kami himpun dari berbagai sumber, mulai dari guru dan karyawan, siswa dan orang tua siswa, serta pengurus komite MIN 1 Sukoharjo. Alhamdulillah donasi yang terkumpul mencapai Rp.17.146.000. Selanjutnya, bantuan ini kami salurkan melalui Yayasan IRMAS Sukoharjo”, kata Siti Ngaisah selaku koordinator bidang IMTAQ MIN 1 Sukoharjo.

MIN 1 Sukoharjo dalam penggalangan donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru ini bekerja sama dengan Yayasan IRMAS Sukoharjo (Ikatan Remaja Masjid Sukoharjo), LAZIS yang amanah di Kota Sukoharjo. Penggalangan donasi dimulai dari 13-18 Desember 2021 dengan disosialisasikan secara langsung kepada siswa siswi MIN 1 Sukoharjo saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas serta menggunakan media sosial seperti whatsapp, instagram dan facebook. Donasi yang telah terkumpul diserahkan pihak MIN 1 Sukoharjo kepada pihak Yayasan IRMAS Sukoharjo pada Senin, 20 Desember 2021 bertempat di halaman MIN 1 Sukoharjo.

“Semoga bantuan dari keluarga besar MIN 1 Sukoharjo yang tidak seberapa ini barokah, dan mampu meringankan penderitaan para korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, serta para donatur mendapatkan pahala kebaikan yang berlimpah dari Allah SWT.”, ujarnya.

Dalam proses penyerahan bantuan tersebut, Yayasan IRMAS Sukoharjo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh keluarga besar MIN 1 Sukoharjo.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Meskipun di masa pandemi, tapi MIN 1 Sukoharjo tetap berkontribusi untuk umat, yang pada saat ini terkhusus kepada para korban erupsi Gunung Semeru.”, kata Rahmad Priyanto selaku ketua Divisi Sosial Yayasan IRMAS Sukoharjo. Yayasan IRMAS Sukoharjo menyambut baik kerja sama yang terjalin pada kegiatan ini. “Sebagai organisasi kemasyarakatan, kami menyambut baik kerja sama ini. Kami harap kerja sama ini berlanjut pada divisi-divisi lain seperti penyaluran dan pelatihan guru tahfidz, bantuan air bersih, santunan anak yatim, dan lain-lain.”, sambungnya. (omk/djp/rf)