Seratusan ASN Kankemenag Kabupaten Sukoharjo Ikuti Gerak Jalan Sehat Peringati HAB ke-76 Kemenag RI

Sukoharjo – Kankemenag Kabupaten Sukoharjo menggelar gerak jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama RI. Gerak jalan ini diikuti oleh sekitar seratusan ASN terdiri dari pejabat dan ASN dilingkungan Kankemenag, Pengawas, Kepala KUA, Kepala Madrasah dan  Penyuluh.

Mengenakan seragam dari bahan kaos berwarna kuning dengan logo Kementerian Agama Ikhlas beramal, para peserta gerak jalan sehat melakukan senam pemanasan terlebih dahulu di halaman depan Kankemenag Kabupaten Sukoharo, Jum’at(31/12) pagi. Setelahnya, peserta disusun dalam dua barisan dan tepat pukul 06.15 wib, bendera tanda diberangkatkannya peserta gerak jalan dikibaskan oleh Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo Muh. Mu’alim.

Gerak Jalan sehat dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama ini adalah kali pertama semenjak terdampak Covid-19. Untuk melakukan kegiatan namun masih dalam kerangka mendukung Prokes penanggulangan Covid akibatnya jumlah peserta dibatasi, tidak seperti saat sebelum pandemi dan rute gerak jalan pun termasuk rute yang telah dipersingkat tidak terlalu jauh namun juga tidak terlalu dekat, hanya menyusuri jalan-jalan kampung di dekat Kankemenag.

Kakankemenag, Muh. Mu’alim membenarkan hal tersebut. Menurutnya yang lebih utama adalah berkegiatan namun tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan. “Pada kegiatan ini kita tetap berpegangan pada prokes covid-19, kalau terlalu banyak nanti timbul kerumunan, hanya perwakilan-perwakilan saja. Harapan kita akan terjalin  kebersamaan dalam rangka menyambut HAB Kementerian kita ” terang Kakankemenag sambil berjalan dibelakang barisan peserta gerak jalan.

Ini merupakan kali pertama Muh Mu’alim mengikuti gerak jalan sehat di Sukoharjo, ia menuturkan ditempat tugas yang sebelumnya kegiatan serupa diikuti oleh perwakilan dari tokoh-tokoh lintas agama baik dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha dalam rangka merekatkan persatuan dan kesatuan elemen anak bangsa demi persatuan dan keselamatan bangsa. “ Dahulu sebelum pandemi kegiatan seperti ini dikemas dalam rangka kerukunan umat beragama harapannya karena Kemenag merupakan Leading Sector dalam pembinaan umat beragama semua agama bisa rukun satu kesatuan demi keselamatan dan persatuan bangsa “ kenang Muh. Mu’alim sambil tetap semangat mengikuti barisan gerak jalan sehat, dan sesekali menyapa ramah warga sekitar yang kebetulan berpapasan dengannya.

Pada kesempatan tersebut, terkait dengan sebentar lagi akan memasuki tahun baru masehi 2022, ia berpesan agar ASN khususnya di lingkungan Kankemenag Kabupaten Sukoharjo lebih mempersiapkan dirinya untuk bersinergi dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi dengan harapan dapat memberikan informasi layanan yang terbaik kepada masyarakat. “Menghadapi tahun baru ini dengan tag line transformasi layanan umat, kita sebagai ASN Kementerian Agama untuk bisa mengikuti perkembangan kehidupan. Terlebih lagi dengan merajalelanya medsos seperti sekarang ini maka kita harus bisa memanfaatkan media-media tersebut untuk lebih baik dalam melayani masyarakat” pesan Kakankemenag.

Barisan peserta gerak jalan sehat mengambil start dan finish di halaman depan Kankemenag. Sebelum pukul 07.30 wib seluruh rangkaian kegiatan gerak jalan sehat sudah selesai dilaksankan, sehingga seluruh ASN dapat kembali menjalankan tugasnya melayani umat di tempat kerjanya masing-masing.(djp/rf)