Teliti Jerami dan Sekam Padi MAN1 Kudus Juara 1DiAjng MYTES 2021

Prestasi nasional kembali ditorehkan MAN 1 Kudus dibidang riset tahun 2021. Kali ini, Medali EMAS pada ajang MYRES (Madrasah Young Researchers Super Camp), ajang risetnya Kementerian Agama RI yang diadakan di Surabaya pada Sabtu-Senin (4-6/12).

Penelitian dengan judul “Karakterisasi Komposit Silikon Karbida (SiC) dari Jerami dan Sekam Padi sebagai Material Termo elektrik Ramah lingkungan “membawa Ayu Setia Ningrum dan Putri Nur Maftukhah Siswi MAN 1 Kudus Kelas XI meraih Juara Pertama MYRES di tahun 2021.

Inovasi ini dilator belakangi dari ketersediaan silicon karbida yang tidak dapat diperbaharui serta fakta jerami dan sekam padi masih dianggap sebagai limbah. “Kami ingin mengoptimalkan potensi sumber daya alam Indonesia untuk membuat silicon karbida sebagai bahan termo elektrik karena sampai saat ini Indonesia masih mengimpor dari Cina”, tuturAyu.

“Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan, antara lain sintesis dan karakterisasi silicon karbida dengan 4 uji ” dari bulan September-Oktober 2021 di Universitas Muhammadiyah Kudus dan Bengkel Riset Sederhana MAN 1 Kudus, sambungnya. Yazida Rizkayanti, S.Pd.,M.Sc selaku pembimbing tim riset MAN 1 Kudus menjelaskan bahwa untuk menjadi juara harus menyisihkan7.700 proposal riset yang masuk. Dimulai tahapan seleksi proposal pendaftaran, proposal 50 besar, 15 besar dan babak final. Dari 7.700 proposal dipilih 6 tim untuk setiap bidang penelitian kategori MTs dan MA di babak Grand Final.

Terpisah, Drs. H. Suhamto, M.Pd.I sangat bersyukur atas prestasi ini, semoga menjadi motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi, berinovasi tiada henti, harapnya. Terima kasih, support dan dukungan dari Jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Kankemenag Kab.Kudus, dan tidak lupa Universitas Muhammadiyah Kudus yang telah memberikan fasilitas untuk penelitian ini, dan semua keluarga MAN 1 Kudus. Selamat untuk peserta dan pembimbing, imbuhnya. (Agus TU MAN 1 Kudus/bd)