Tingkatkan Kinerja Kepala Madrasah Pengawas Gelar PKKM

* Pengawas Madrasah bersama Kepala MTs Nurul Huda Banyuputih bersama para guru berpose bersama setelah selesai PKKM

Batang – Untuk melihat kinerja kepala MTs Nurul Huda Banyuputih, Pengawas Madrasah melakukan Penilaian Kinerja yang dilaksanakan pada hari Selasa (7/12) yang lalu. Hadir dalam penilaian itu Hj. Minarsih dan Purwoto Pengawas Madrasah yang bertindak sebagai tim penguji,

Kepala MTs Nurul Huda Banyuputih Khoirin dalam sambutannya menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik acara ini. Dia mengaku sudah mempersiapkan berkas-berkas instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang dibutuhkan.

“Terimakasih kepada segenap guru dan tenaga kependidikan yang sudah membantu dalam mempersiapkan semuanya. Kegiatan ini merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas bagi kepala madrasah khususnya dan umumnya bagi segenap guru dan tenaga kependidikan,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan bahwa PKKM, merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya.

“ Meskipun yang dilihat adalah kinerja Kepala, namun dalam indikatornya diperoleh dari semua unsur yang ada baik Guru,tenaga kependidikan juga siswa,” jelasnya.

* Para Guru MTs Nurul Huda Banyuputih mengikuti secara seksama penilaian kinerja Kepala Madrasahnya .

Sementara itu Hj. Minarsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa kinerja kepala madrasah itu akan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pengembangan, tugas manajerial, kewirausahaan maupun supervise guru,

 “Kinerja kepala madrasah akan diuji dalam 4 komponen yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan,” jelas Hj. Minarsih

Sedangkan Purwoto setelah melakukan penelitian dan wawancara secara mendalam pada berbagai komponen melakukan evaluasi dan memberi motivasi. Menurutnya kemajuan jaman yang ditandai dengan kecepatan informasi dan kebebasan berinterpretasi pada masyarakat menuntut guru saat ini untuk meningkatkan kualitas kompetensinya, bila guru tidak melakukan itu maka apa yang disampaikan Guru pada siswa akan tidak menarik lagi.

“Perkembangan zaman semakin maju, hal ini menuntut guru untuk mampu meningkatkan kualitas kompetensinya, ada 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional dan kepala madrasah memegang peran penting,” pungkasnya.(ulfa dwi khasanah/Zy)