38 Medali Digondol Oleh MA Sunan Kalijaga Bawang Dalam Ajang Kompetisi

* Peserta kompetisi dari MA Sunan Kalijaga Bawang didampingi guru pendamping tampak serius mengikuti semua instruksi melalui online

Batang – Kembali MA Sunan Kalijaga Bawang mengikutkan pesertanya pada kegaiatan kompetisi secara daring yang digelar oleh Divya Competition Batch 3.0 yang digelar sejak Senin – Minggu (14-16 / 01 ) yang lalu dan diumumkan kejuaraanya pada hari Selasa (18/01 yang lalu. Kompetisi ini digelar untuk semua tingkatan baik SD,MI,SMP,MTs,SMA, MA maupun Perguruan tinggi. Untuk tingkat SMA dan MA dilombakan hampir 11 mata pelajaran.

Koordinator Tim Kompetisi MA Sunan Kalijaga Bawang yang juga guru mapel Kimia, Afifah dalam keterangannya mengatakan bahwa fihaknya telah berkoordinasi dengan semua guru mapel yang dikompetisikan dan mereka telah menyeleksi para siswanya untuk mengikuti kegiatan bergensi itu.

“ Kita menyiapkan kurang lebih 50 siswa untuk mengikuti ajang kompetisi secara online itu, sesuai dengan mata pelajaran yang telah disiapkan,” kata Afifah.

Dia juga menjelaskan dari 11 mata pelajaran yang diikuti hampir semua siswanya masuk prestasi, ada yang mendapatkan medali mas, perak maupun perunggu.

“Kami sangat bersyukur dan bangga dengan anak-anak kami, mereka begitu semangat belajar dan punya keinginan kuat untuk meraih yang terbaik. Hal ini tak lepas dari support dari kepala madrasah yang memberikan perhatian serius terhadap pengembangan potensi peserta didik, yang salah satunya melalui partisipasi di ajang kompetisi,” jelasnya.

Sementara itu Kepala MA. Sunan Kalijaga Bawang, Ahmad Munir mengungkapkan rasa syukurnya ke hadirat Allah SWT atas capaian yang cukup memuaskan ini. Dia juga menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada anak-anak didiknya yang terus bersemangat dalam mengikuti kompetisi serta berhasil meraih prestasi.

“ Kami sangat bersyukur dengan semua ini, meski kami juga sadar bahwa masih banyak yang harus diperbaiki agar kedepan kita benar-benar menjadi madrasah yang melayani dan memenuhi harapan masyarakat,” kata Ahmad Munir. 

Dia juga menegaskan bahwa prestasi siswanya itu merupakan jawaban dari apa yang diidam-idamkan oleh madrasah dimana tekat yang kuat setelah pandemi akan bergerak serentak membangkitkan niat untuk menggairahkan belajar guru dan siswanya.

“Capaian ini sebagai salah satu bukti nyata bahwa tekad keluarga besar Madrasah kita untuk bangkit pasca pandemi ini bukan isapan jempol semata. Gairah belajar anak-anak serta kinerja guru dan tenaga kependidikan setelah 2 tahun diberangus oleh pandemi, secara perlahan mulai tumbuh, bahkan lebih baik dan berbuah prestasi yang sangat membanggakan,” tegasnya.

Dia juga menyampaian apresiasi kepada para guru pendamping yang selama ini telaten membimbing dan mengarahkan anak-anak tanpa kenal lelah. Menurutnya guru pendamping juga memiliki andil cukup strategis paling tidak para siswa yang mengikuti kompetisi itu dapat memiliki mental yang cukup, serta pengetahuan tambahan.

* Para siswa MA Sunan Kalijaga Bawang tampak antusias mengikuti kompetisi mata pelajaran secara online

“ Saya sangat memberi apresiasi pada seluruh guru pendamping yang telah sabar dan telaten mendampingi para siswa yang sedang mengikuti kompetisi itu, sehingga meraih prestasi yang memuaskan,” tuturnya.

Ghirfina selaku guru pendamping bersama guru pendamping lainnya juga  mengucapkan selamat kepada para siswa yang mendapatkan juara.

“Semoga dengan mengikuti berbagai macam lomba ini akan semakin  meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Kami bangga atas prestasi yang telah diperoleh dalam ajang kompetisi ini,” kata Ghirfina.

Dia berharap kedepan para siswa untuk lebih bersemangat lagi mengikuti ajang-ajang seperti ini meskipun secara online, namun banyak ilmu yang dapat diperoleh, juga memiliki kemampuan IT yang lebih ketika harus beradaptasi dengan Komputer.

“ Harapan kedepannya pada seluruh siswa MA Sunan Kalijaga Bawang untuk lebih bersemangat lagi dalam mengikuti ajang kompetisi baik online maupun offline yang ada,” imbuhnya.

Dia juga membeberkan para siswa yang memperoleh prestasi itu total seluruh medali yang diraih dalam ajang ini 38 medali dengan rincian 7 medali emas, 9 medali perak, dan 22 medali perunggu. Prestasi ini semakin melengkapi keberhasilan MA. Sunan Kalijaga Bawang, karena beberapa hari sebelumnya juga berhasil meraih 7 medali emas dalam ajang Kompetisi PAI Nusantara. (UR/Zy/Humas/rf)