Bertepatan HAB ke-76 Kemenag RI, MTsN 1 Sukoharjo Gelar Wisuda Tahfidz Angkatan Pertama

Sukoharjo – Bertepatan dengan HAB (Hari Amal Bhakti) ke-76,  Kementerian Agama RI Senin 3 Januari 2022, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sukoharjo sukses menggelar acara Wisuda Tahfidz Angkatan Pertama Juz 29 dan 30 Tahun Pelajaran 2021-2022.

Prosesi wisuda tahfidz yang juga dihadiri oleh orang tua peserta dilaksanakan di MTs N 1 Sukoharjo, Jalan Mayor Ahmadi No.9 Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo dan dilaksanakan didalam ruang kelas VII PK dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ustadz Muh. Zidan Fauzi selaku MC dan diawali dengan prosesi kedatangan para wisudawati sebanyak 10 siswa. Suasana khidmat terasa ketika para wisudawati tahfidz melangkah memasuki ruang prosesi.

Setelah sambutan dan laporan kegiatan oleh ketua program kelas khusus, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sukoharjo, Mujiyono.

“Terima kasih kepada tim pembimbing tahfidz dan seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan Wisuda Tahfidz MTs N 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021-2022. Semoga wisuda tahfidz angkatan pertama ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan motivasi bagi lahirnya generasi-generasi penghafal Al-Quran pada angkatan-angkatan selanjutnya”, tutur Mujiyono.

Kegiatan ini ditutup dengan salam taklim para wisudawati tahfidz. Diiringi alunan musik yang syahdu, peserta melangkah menuju orang tua masing-masing. Suasana haru kembali menyeruak diruang prosesi. Sesekali isak tangis terdengar, doa-doa dilangitkan, air mata membasahi banyak harapan.

“Terima kasih tak terhingga kami haturkan kepada Bapak Ibu pembimbing dan madrasah yang telah bekerja keras menjadikan anak-anak kami penghafal dan pecinta Al-Quran”, ungkap Susilo, perwakilan orang tua siswa yang juga memberikan sambutannya.

Kegiatan wisuda tahfidz MTs N 1 Sukoharjo ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, dan diharapkan mampu mencetak generasi qurani, yaitu generasi yang semua sisi kehidupannya berlandaskan pada Al-Quran. Al-Quran sebagai bacaan, sebagai hafalan, dan juga sebagai pedoman kehidupan.

Sementara itu dalam laporannya, ketua panitia kelas Program Khusus MTs N 1 Sukoharjo Setyo Winarno dalam sambutannya mengatakan, wisuda tahfidz ini diikuti oleh sepuluh peserta yang berasal dari kelas VII TQ, VIII TQ, dan IX TQ. Ujian Tahfidz sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2021 oleh tim penguji tahfidz MTs N 1 Sukoharjo yang terdiri dari 4 orang yakni ustadzah Zulfa Mumtazah, Ustadz Muh. Zidan Fauzi, Ustadz Yusuf Adi dan Ustadz Syafrudin.

Dari 15 peserta ujian dinyatakan lulus sebanyak 10 peserta yaitu Axellova Shakeelazeta Hakim (VII TQ), Reysha Alia Nabilah (VII TQ), Junita Diva Pertiwi (VIII TQ), Najmatus Sholihah (VIII TQ), Ramadani Balinese (VIII TQ), Aida Nur Azizah (IX TQ), Fadhilah Nur Khasanah (IX TQ), Melinda Salsa Bela (IX TQ), Valin Luthfiyyah Sikha (IX TQ), Aprilia Royan Mansyurin (IX TQ). (uni/djp/rf)