Ibnu, Perencanaan Yang Baik Itu Tidak Ada Revisi Di Tengah Jalan

Kebumen – Agar seluruh program dan rencana strategis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dapat tercapai dengan baik, efektif dan efisien, tolong cermati dengan teliti akun – akunnya, besarannya, ketercukupannya, peruntukannya dan yang paling penting dibuatkan time schedulnya.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin kepada seluruh pejabat dan pelaksana anggaran di lingkungannya saat memimpin rapat Bedah DIPA : Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022, Senin, (24/01) di ruang pimpinan.

Ibnu menuturkan, capaian pelaksanaan anggaran yang baik itu bukan hanya disebabkan karena capaiannya tinggi, tetapi zero (nol) dari pagu minus juga termasuk bagian penilaian capaian kinerja kita.

Indicator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) yang baik dari sebuah organisasi adalah manakala terdapat kesesuaian antara perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

“Maka perencanaan yang baik dan tepat adalah kunci awal dari beberhasilan kinerja kita, perencanaan yang baik itu tidak ada revisi di tengah jalan,” tandasnya.

Seiring berjalannya waktu, sangat dimungkinkan adanya perbedaan antara perencanaan dengan realisasi yang membutuhkan revisi. Namun sebaiknya menurut Ibnu, revisi kegiatan bisa dilakukan di awal tahun, sebaiknya di bulan Januari tidak boleh setelahnya. Jika terpaksa sekali, paling maksimal bulan maret.

Untuk memenuhi target tersebut, maka Ibnu meminta kepada seluruh pengelola anggaran agar membuat kartu kendali sebagai control pelaksanaan anggaran di setiap seksi. Kartu kendali dipasang di masing-masing ruangan seksi,  sedang kartu kendali rekapitulasi dipasang untuk umum. Dan setiap penggunaan anggaran dibuat (LPJ) laporan pertanggungjawabannya serta dibuatkan etalase LPJ di depan sehingga mudah diakses.

“Selain sebagai fungsi control, hal ini juga sebagai bentuk transparansi pelaksanaan anggaran,” pungkasnya.(fz/bd).