Insan Kehumasan, Penyambung Lidah Kementerian Agama

Mungkid – Insan kehumasan adalah penyambung lidah Kementerian Agama. Melalui insan kehumasan, seluruh kegiatan Kemenag dapat diberitakan guna memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana Kemenag hadir dalam melayani umat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Panut, pada kegiatan Koordinasi Subbag TU Urusan Umum di Kab. Magelang, Jumat, (14/01/2022). 

“Insan kehumasan hendaknya peka terhadap setiap peristiwa kemudian bisa memberitakan. Hal-hal kecil dengan judul dan kemasan yang menarik bisa menarik banyak orang seperti yang banyak dilakukan oleh para jurnalis media,” kata Panut.

Dalam kegiatan serah terima Jabatan Kepala Kankemenag (10/01/2022) lalu, Panut berkeinginan seluruh elemen ASN di semua lini dapat bersinergi untuk bekerjasama mewujudkan program strategis di Kabupaten Magelang yaitu menuntaskan proyek SBSN (PLHUT, KUA Kec, dan Madrasah), pembangunan Zona Integritas (ZI), dan menjadikan Moderasi Beragama sebagai “Ikon Kantor kemenag Kab. Magelang”. Tentu saja peran insan Kehumasan sangat diperlukan dalam rangka sosialisasi, edukasi, dan penyampai informasi kepada masyarakat.

Sejalan dengan harapan tersebut, Kasubbag Tata Usaha, Khoironi Hadi, menyampaikan bahwa di Subbag TU telah terjadi mutasi pegawai dengan masuknya 2 orang pegawai yaitu 1 orang Pengolah Data Kehumasan dan 1 orang Pranata Komputer untuk menjawab dinamika organisasi. Koordinasi terkait dengan pelimpahan tugas sangat penting dilakukan agar dapat menyusun rencana aksi selanjutnya.

Pengelola kehumasan, Abu Thoyib, menyampaikan bahwa dengan pelimpahan tugas kepada personil baru, perlu dilakukan transformasi tugas-tugas yang selama ini dilaksanakan kepada petugas yang baru.

“Untuk kegiatan kehumasan meliputi liputan dan dokumentasi kegiatan, kewajiban publikasi berita ke Kanwil, mengelola Instagram dan Twitter, kegiatan protokoler, dan persuratan terkait hubungan lintas sektoral,” kata Abu Thoyib.

“Termasuk untuk hosting website Kankemenag lama akan habis pada bulan Januari 2020 ini,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Ahmad Maskuri, selaku Pranata Komputer telah melakukan beberapa terobosan untuk menjawab harapan dan kebutuhan instansi terkait kehumasan.

“Saat ini sedang dikerjakan desain website Kankemenag yang baru sebagai Portal untuk menampilkan berita-berita Kankemenag. Kita buatkan ruang-ruang pemberitaan dari masing-masing Seksi dan Penyelenggara, kolom Zona Integritas (ZI), dan kolom Moderasi Beragama. Harapannya dapat menyajikan informasi secara dinamis sehingga semua kegiatan dapat dibaca, dilihat, dan diikuti oleh masyarakat,” kata Maskuri.

Maskuri menyampaikan telah menjalin komunikasi dengan PIC Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Biro HDI Kementerian Agama RI terkait dengan layanan hosting dan Cloud.

“Ditargetkan akhir Januari ini untuk website yang baru sudah bisa di-publish, sehingga harapan Kepala Kantor terkait kehumasan dapat kita wujudkan. Untuk informasi berita saat ini baru bisa diakses melalui laman Kanwil Kemenag Provinsi, layanan media sosial Twitter dan Instagram,” lanjutnya. (m45k/Sua)