Jelang Ujian Madrasah, MA.NU.01 Banyuputih Gelar Rakor Dengan Wali Murid

* Kepala MA.NU 01 Banyuputih sedang menyampaikan informasi ujian madrasah pada seluruh wali murid yang hadir dalam acara itu.

Batang – Menjelang pelaksanaan ujian madrasah, wali murid kelas XII (dua belas) diharapkan ikut serta dalam memotivasi dan memberi semangat kepada putra – putrinya, demi kelancaran dan kesuksesan ujian tahun pelajaran 2021/2022. Hal itu disampaikan oleh Mukhsin kepala Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih, Batang saat rapat bersama wali murid, Sabtu (29/01).

Pertemuan dengan wali murid yang diselenggarakan di Aula lantai dua MA NU 01 Banyuputih itu dilakukan secara dua tahap. Tahap pertama mulai pukul 08.00 WIB diikuti oleh wali murid kelas XII program peminatan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Keagamaan. Pada sesi dua yang dimulai pukul 10.00 diikuti oleh wali murid kelas XII program peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa.

Kepala MA NU 01 Banyuputih Mukhsin dalam sambutannya menyampaikan selamat datang pada seluruh wali murid yang hadir. Menurutnya tujuan pertemuan ini adalah untuk membahas persiapan ujian yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan.

Sugeng rawuh, selamat datang para wali murid sekalian, pertemuan hari ini untuk membahas persiapan ujian yang akan segera dilaksanakan,” kata Mukhsin.

Bapak dan ibu guru MA NU 01 Banyuputih lanjutnya, sudah berusaha mendidik dan menyampaikan ilmu serta menata akhlak putra – putrinya, sehingga Mukhsin berharap kepada wali murid juga ikut serta dalam mendukung proses ujian mendatang.

* Para wali murid MA.NU 01 Banyuputih tampak antusias mendengarkan keterangan tentang persiapan ujian madrasah dari kepala madrasah

“Mari kita samakan pemahaman dan niat kita, kami sudah mendidik dan menyampaikan ilmu kepada putra – putri panjenengan, namun kami tetap meminta dukungan pada para wali murid untuk mendorong putra – putri kita sehingga mereka siap mengikuti ujian,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa MA NU 01 Banyuputih prestasinya semakin meningkat dan menjadi madrasah terbaik urutan ke 11 di Jawa Tengah. Menurutnya hal itu tidak lepas dari dukungan bapak dan ibu wali murid semua.

“Mawadatun Kafidah salah satu siswi yang berprestasi juga mendapatkan laptop dari Bupati Batang, karena dia mendapat prestasi medali emas banyak dalam berbagai ajang,” tuturnya

Sementara itu wakil kepala bidang kurikulum Ahmad Hasan menjelaskan sehubungan pemerintah sudah menghapus UN (Ujian Nasional), maka madrasah diberikan wewenang untuk melaksanakan ujian madrasah.

“Ada tiga ujian, pertama ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang akan dilaksanakan sekitar tanggal 10 – 17 Maret 2022, kedua ujian praktik yang direncanakan tanggal 21 – 23 Maret 2022 dan yang ketiga ujian akhir madrasah, 26 Maret – 1 April 2022,” jelas Hasan.

Dia sangat berharap dukungan penuh pada wali murid agar para siswa siap mengikuti rangkaian ujian itu. Menurutnya doa restu dan pengawasan wali murid menjadi hal yang paling penting sehingga para siswa siap mengikuti ujian itu.

“Setelah rangkaian ujian itu selesai dipenghujung bulan Maret itu akan dilaksanakan kegiatan tambahan dari madrasah yaitu doktrinisasi aswaja,” pungkasnya. (Muhammad Asrofi/Zy_humas/rf)