KUA Kecamatan Batang Salurkan Zakat Kepada Fakir Miskin

* Kepala KUA Kecamatan Batang H. Abdullah Najib sedang menyalurkan zakat pada mustahiq di lingkungan kantor

Batang – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 76 Tahun 2022, KUA Kecamatan Batang menyalurkan zakat kepada 87 fakir miskin di wilayah Kecamatan Batang yang bersumber dari UPZ Kantor Kemenag Batang. Mereka masing-masing menerima Rp. 250.000 yang diserahkan secara simbolis oleh H. Abdullah Najib Kepala KUA didampingi penyuluh Agama Islam Fungsional di Ruang Pelayanan KUA Kecamatan Batang pada Selasa (04/01). Adapun selebihnya nantinya akan didistribusikan kepada para mustahiq melalui pelaksana KUA dan penyuluh Agama Islam.

Kepala KUA Kecamatan Batang H. Abdullah Najib dalam penjelasannya menyampaikan bahwa zakat yang disalurkan ini bersumber dari 2.5 persen gaji PNS di lingkungan Kemenag Batang yang dipotong setiap bulan, dimana penghimpunannya dilakukan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Batang.

‘’Kepada bapak ibu sekalian kita sampaikan bahwa uang yang ditasarufkan pada hari ini adalah bersumber dari 2.5 persen gaji PNS di lingkungan Kemenag Batang yang dipotong setiap bulan, dan dihimpun oleh UPZ, hari ini KUA membantu menyalurkan kepada 87 orang Mustahiq secara simbolis,’’ kata H. Abdullah Najib.

* Sebelum mentasarufkan zakat Kepala KUA Kecamatan Batang H. Abdullah Najib memberikan penjelasan tentang zakat yang akan dibagikan itu.

Dia menambahkan bahwa para penerima diharapkan jangan melihat nominalnya. Uang zakat yang ditasarufkan tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian kementerian Agama kepada masyarakat.

“ Jangan dilihat berapa besarnya zakat yang bapak ibu terima, namun sedikat yang kita bagikan ini aalah salah satu bentuk kepedulian Kemenag pada masyarakat,” tambahnya.

H. Najib juga menuturkan semoga dana yang disalurkan ini, dapat bermanfaat dan tepat guna. Dia meminta kepada penerima zakat agar bisa menggunakan dana sesuai dengan kebutuhannya, tidak digunakan untuk keperluan yang kurang bermanfaat.

‘’Karena ini memang bertujuan untuk membantu pergerakan ekonomi masyarakat. Dengan demikian, saya mengharapkan manfaatkanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya,’’ ujarnya.

Sementara itu secara terpisah, Ketua UPZ Kemenag Batang, Hj. Siti Mahmudah mengatakan, penyaluran bantuan merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi keluarga besar Kemenag Batang kepada masyarakat bertepatan dengan Hari Amal Bhakti Kemenag ke 76.

‘’Zakat yang kita himpun dari seluruh ASN Kemenag dan Guru PAI ini bertujuan untuk membersihkan rizki yang diterima oleh mereka, dan bertujuan untuk kepedulian kita pada masyarakat , apalagi ditengah kondisi perekonomian yang tidak kondusif seperti saat ini,” kata Hj. Siti Mahmudah. (Hasanuddin/Zy_Humas)