Meriahkan HAB Kemenag Ke-76 IGRA Banyuputih Gelar Lomba

*Pengawas Madrasah Kecamatan Banyuputih Moh. Anas bersama para Kepala RA dan Pengurus IGRA sedang membuka kegiatan lomba

Batang – Ikut memeriahkan HAB Kemenag ke-76, Ikatan Guru Raudhatul Adfal (IGRA) Kecamatan Banyuputih menggelar lomba antar Roudhalul Adfal (RA) yang dilaksanakan mulai Senin ( 10/1) hingga Sabtu ( 15/1) yang lalu. Tiga materi yang dilombakan yaitu RA sehat, mewarnai dan hafalan surat pendek. Tak kurang dari 12 RA se kecamatan Banyuputih ikut menyukseskan kegiatan itu.

Ketua panitia Puji Rahayu dalam keterangannya mengatakan bahwa lomba yang digelar kali ini melibatkan seluruh potensi dari RA, baik guru, siswa maupun wali murid. Menurutnya lomba RA sehat berarti mereka harus mempersiapkan performa kantor dan lingkungan RA agar tampak bersih sehat dan rapi ini harus melibatkan semua potensi RA yang ada.

“ Lomba RA sehat bertujuan agar semua RA selalu menjaga kebersihan, keindahan, kerapian dan kenyamanan untuk belajar, sementara mewarnai dan hafalan surat pendek adalah kemampuan siswa RA, maka lomba kali ini meskipun cuma 3 mata lomba namun sebenarnya melibatkan semua potensi RA,” jelas Puji Rahayu.

Dia juga menegaskan agar memperoleh juara yang benar-benar sebuah representasi dari sebuah prestasi, maka pihaknya melakukan penjurian yang diambilkan dari luar RA, agar penilaiannya benar-benar obyektif.

“ Penilaian lomba ini diambilkan juri dari luar, sehingga hasilnya obyektif dan tidak memihak, sehingga hasilnya pun bisa diterima dengan legowo oleh semua peserta,” tegasnya.

Sementara itu Moh Anas Pengawas Madrasah Kecamatan Banyuputih dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga dengan IGRA kecamatan Banyuputih yang punya inisiatif mengadakan peringatan HAB dengan cara membuat kegiatan lomba.

“ Kami menyambut baik dan mengapresiasi pada IGRA Kecamatan Banyuputih yang telah berinisiasi memperingati HAB Kemenag dalam bentuk lomba antar RA, ini sangat bermanfaat selain menjalin kerjasama, silaturahmi antar RA, juga kita dapat meningkatkan kwalitas anak-anak kususnya skil mewarnai maupun hafalan surat-surat pendek, sementara dalam mata lomba RA sehat akan menjadikan seluruh RA menata kebersihan, keindahan tempatnya masing-masing sehingga semua RA akan terlihat nyaman bagi anak-anak,” kata Moh Anas.

* Sang juara anak-anak RA didampingi para gurunya berpose bersama setelah menerima tropi kejuaraan

Dia berharap meskipun yang dilombakan Cuma 3 bidang namun dapat membawa manfaat bagi lembaga maupun bagi anak-anak di RA.

“ Kami berharap lomba ini dapat berdampak baik bagi lembaga maupun bagi anak-anak, sehingga RA semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat menyemai generasi kedepan yang memiliki skil yang tinggi dengan dibalut nilai-nilai agama,” harapnya.

Ketua IGRA Musyarofah dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan lomba ini di samping untuk memeriahkan HAB Kemenag ke 76 juga untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan antara sesama RA.

“ Selain untuk memeriahkan HAB Kemenag ke-76 kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin persaudaraan dan persahabatan pada seluruh RA yang ada, juga untuk menyiapkan anak anak RA agar terbiasa berkompetisi, sehingga ke depan mereka menjadi generasi yang siap berlomba dalam kebaikan,” jelas Musyarofah.

Dia juga menuturkan lomba ini akan sangat bermanfaat baik bagi lembaganya maupun anak-anaknya, sehingga kedepan RA semakin maju dan lebih baik.

“ Lomba ini tentu akan bermanfaat bagi lembaga, yaitu selalu menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian menjadikan anak-anak merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan bagi anak anak, akan dapat mencetak generasi muda yang tangguh, terbiasa untuk berkompetisi, punya semangat berlomba, karena sesungguhnya hidup ini adalah berlomba dalam kebaikan,” tuturnya.

Salah satu juri lomba Hj. Sri Hanik Kepala MIN.02 Batang mengungkapkan perasaanya saat melakukan penilaian. Menurutnya para guru RA begitu sabar dan ikhlas menjalankan tugasnya sehingga kegiatan semacam ini seluruh guru terlibat dengan semangat,

“ Saya merasa terharu dengan guru-guru RA yang begitu sabar dan ikhlas dalam menjalankan tugas, dengan gaji yang tidak seberapa, tapi semangatnya luar biasa,” kata Hj. Sri Hanik

Dia juga menambahkan selain para guru banyak wali murid ikut larut dengan semangatnya ikut menyukseskan lomba ini, kususnya saat penilaian RA sehat, mereka terlibat dalam penataan tempat masing-masing.

“ Ternyata saat kita melihat kesiapan RA mengikuti lomba RA sehat, disambut antusias juga oleh wali murid yang juga ikut andil mensukseskan lomba, mereka ikut bersih-bersih, menata ruangan, menanam bunga dan sebagainya, sehingga gaung HAB Kemenag betul-betul terasa sampai pada mereka,” jelasnya.

Dari hasil penilaian juri diperoleh juara untuk lomba RA sehat terpilih sebagai juara pertama RAM Luwung, disusul RA.Al Mas’udiyah dan RA Al Huda Timbang, juara harapan berturut-turut RAM Kalibalik, RAM Sembung dan RAM Penundan. Untuk lomba mewarnai putri terpilih sebagai juara RAM Kalibalik, RA Al Huda dan RA Al Mas’udiyah, mewarnai putra terpilih RAM Dlimas, RA Al Mas’udiyah dan RAM Kalibalik. Sedangkan tartil surat pendek adalah RAM Sembung, RAM Dlimas dan RAM Kalibalik. (Sri Hanik /Zy_humas/rf)