MI Cokroaminoto Adipasir Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Banjarnegara – Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cokroaminoto Adipasir, Kecamatan rakit Kabupaten Banjarnegara  mengikuti vaksinasi covid – 19, dengan diantar orangtua mereka. Pelaksanaan vaksinasi  dosis pertama ini dilaksanakan di ruang kelas 1 dan 2 MI Cokroaminoto Adipasir pada Senin (15/1) dan melibatkan vaksinator dari Puskesmas Rakit dan didampingi unsur Kepolisian dari POLSEK Rakit.

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis CoronaVac (kerap disebut SinoVac), yang diproduksi langsung oleh Biofarma. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 8.00–10.00 WIB, dan dilaksanakan dengan beberapa sesi untuk menghindari kerumunan. Siswa/i juga diwajibkan untuk membawa fotokopi kartu keluarga untuk memenuhi syarat registrasi.

Sebelum  melalui tahap pemeriksaan kesehatan dan suntik vaksin, para siswa mendapatkan bingkisan berupa makanan ringan, tujuannya agar para siswa lebih siap dan kuat untuk mendapatkan vaksin nantinya. Adapun tahapan pelaksanaan  vaksinasi adalah pertama melalui meja screening (dilakukan pengecekan suhu,tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi) selanjutnya menuju meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung) dan terakhir kegiatan Observasi (giat menginput data pasien yang selanjutnya akan mendapatkan setifikat vaksinasi).

Pihak Madrasah menyambut baik pelaksanaan vaksinasi ini, dan berharap bisa segera diselesaikan vaksin dosis kedua agar orangtua dan murid merasa aman anak mereka ikut pembelajaran tatap muka di Madrasah

Data yang diperoleh dari petugas vaksin Puskesmas Rakit bahwa dari total jumlah siswa MI Cokroaminoto Adipoasir sebanyak 102, sebanyak 71 siswa atau 69,607 % sudah divaksin dan 31 siswa atau 30,392 % belum divaksin. Dari 31 siswa yang belum divaksin, sebanyak 4 siswa atau 12, 903 % tidak lolos scrining, 1 siswa atau 3,225 % sudah divaksin ditempat lain dan 25 siswa atau 83,870 % karena sedang sakit.

 “Perasaan aku yang pasti seneng, karena aku sudah lega, dari kemarin aku kepikiran dan lumayan deg-degan takut pada saat divaksin, namun ternyata setelah divaksin alhamdulillah sudah tidak terasa sakit, yah waktu disuntik si memang agak sakit sedikit tapi sekarang sudah tidak lagi,” ungkap Azizah Widiana Rahmat siswi kelas V MI Cokroaminoto Adipasir  yang telah menerima vaksinasi Senin  (15/1) kemarin.

Sementara itu Anggun Maulidina Ifadah siswa kelas III MI Cokroaminoto Adipasir saat ditanya tentang pengalaman saat disuntik vaksinasi mengatakan, “terus terang saya takut sebelum divaksin walaupun didampingi ibuku, dan saat disuntik saya memejamkan mata karena takut, tetapi setelah disuntik Al hamdulillah sudah tidak sakit lagi dan saya sudah bisa beraktifitas lagi,” ungkapnya didepan guru. (ak/rf)