Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MIN 2 Sukoharjo

Sukoharjo – Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati, mengikuti kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), bertempat di ruang Komite MIN 2 Sukoharjo. PKKM merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Adapun kegiatan PKKM yang diikuti oleh Kepala MIN 2 Sukoharjo yaitu periode masa kerja satu tahun. Kegiatan yang dilaksanakan Rabu(19/01) mulai pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB itu dihadiri oleh dua orang penguji yaitu Danuri dan Zaidatul Hidayah dan sejumlah Korbid di MIN 2 Sukoharjo.

Untuk mengikuti proses pelaksanaan penilaian tersebut, masing-masing Kepala Madrasah diharuskan mempersiapkan berkas sesuai instrument PKKM yang dibutuhkan. Kegiatan diawali dengan pengarahan dari tim penguji PKKM, dilanjutkan wawancara dengan Kepala Madrasah, penilaian dan pengarahan tentang hal-hal yang perlu dibenahi dalam penilaian ini. Hasil penilaian kinerja Kepala madrasah secara periodik itu nantinya diharapkan dapat digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan dan kemajuan madrasah serta kesejahteraan warga madrasah.

Terkait hal tersebut ssalah satu penguji, Danuri menggarisbawahi perlunya upaya peningkatan dalam bidang kewirausahaan untuk melatih siswa dalam hal kemandirian, kreativitas dan inovasi, sehingga diharapkan madrasah mempunyai nilai plus yang jarang dimiliki oleh madrasah lain.

Sementara itu Kepala MIN 2 Sukoharjo Wiretnoningsih Nurhayati yang juga turut menjadi peserta dalam kegiatan PKKM tersebut menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang ditempatkan di madrasahnya ini. Menurutnya dikarenakan kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu. “Yang diuji berkenaan dengan kinerja Kepala Madrasah yang meliputi 4 komponen yaitu meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan,” terang Wiretno.

Terpisah, koordinator Kehumasan MIN 2 Sukoharjo Gunawan menerangkan pelaksanaan PKKM tersebut  dikemas dengan sederhana sehingga menjadikan suasana di ruang tidak menjadi menengangkan, serius tapi santai. (gun/djp/rf)