Peringati HAB ke-76 Kemenag, MIN 1 Sukoharjo Gelar Khotmil Qur’an

MIN 1 sukoharjo – Lantunan ayat suci Al Qur’an terdengar begitu syahdu di aula MIN 1 Sukoharjo. MIN 1 Sukoharjo tengah mengadakan agenda khotmil Qur’an dengan tema sucikan hati bersama Al-Qur’an yang dikoordinir oleh tim Imtaq. Begitu khotmil Qur’an selesai, acara dilanjutkan dengan tausyiah oleh Ustadz Rabbani dari Divisi Dakwah Yayasan IRMAS  Sukoharjo. Dalam tausyiahnya, ustadz yang merupakan alumni Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq ini berwasiat tentang pentingnya Al Qur’an bagi manusia.

“Al Qur’an adalah obat bagi hati yang kotor serta penyakit fisik. Mari kita biasakan membaca dan men-tadaburi Al Qur’an untuk membersihkan hati kita” pesan ustadz Rabbani. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan pembatasan protokol kesehatan yang ketat, sehingga hanya melibatkan guru, karyawan, dan perwakilan 27  siswa kelas VI saja. Namun siswa yang lain tetap dapat menyaksikan dan mengikuti acara ini secara virtual melalui live streaming di kanal YouTube MIN 1 Sukoharjo.

Pagi sebelum agenda khotmil Qur’an, telah diselenggarakan juga upacara bendera di halaman MIN 1 Sukoharjo. Upacara diikuti oleh siswa kelas V dan VI dengan guru dan karyawan sebagai petugas upacara. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Madrasah, Erma Nurlaila Ariyanti. Dalam amanatnya, ia menyampaikan pidato Menteri Agama tentang peran penting dan strategis Kementerian Agama.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya” ungkapnya. Upacara berlangsung secara lancar dan khidmat serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube MIN 1 Sukoharjo sehingga bisa diikuti oleh seluruh siswa yang ada di rumah. “Harapan kami, dengan live streaming seperti ini, kegiatan bisa berlangsung dengan memenuhi protokol kesehatan namun semua siswa tetap dapat mengikutinya meskipun dari rumah.” jelas Oop Mustofa Kamal selaku koordinator tim publikasi MIN 1 Sukoharjo.

Kedua agenda tersebut merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan MIN 1 Sukoharjo dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2022. HAB Kemenag kali ini mengusung tagline Transformasi Layanan Umat. Transformasi layanan umat yang diwujudkan dalam layanan digital merupakan salah satu kebijakan prioritas Kementerian Agama. Menjadi harapan bersama, ke depan seluruh komponen Kementerian Agama lebih disiplin, progresif, responsif dalam melayani umat. (omk/djp/rf)