RAT KPRI AL IKHLAS TUTUP TAHUN BUKU 2021

Kudus – RAT (Rapat Anggota Tahunan) adalah merupakan salah satu bentuk kepatuhan dan tanggungjawab kita sebagai komponen organisasi dalam melaksanakan kewajiban dan hak-hak kita sebagai pengurus maupun anggota. RAT ini merupakan momen yang sangat penting sebagai forum untuk meninjau kebelakang dalam rangka mengevaluasi program di tahun lalu dan melihat kedepan untuk menyusun program kerja baru dalam melaksanakan tujuan koperasi, oleh karena itu manfaatkan waktu untuk dapat berkonsentrasi terhadap program yang akan dilaksanakan.

Demikian sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Suhadi saat membuka acara RAT KPRI Tutup Tahun Buku 2021 Koperasi Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama  Kab.Kudus yang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2022 bertempat di Gedung Jam’iyyatul Hujjaj Kudus (JHK) Kab.Kudus yang diikuti sebanyak 386 anggota koperasi dari jumlah  423 anggota koperasi Al Ikhlas.

Lanjut Suhadi, “RAT merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena didalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. Disamping itu RAT juga merupakan pemegang kekuasaan tertinggi di dalam pengambilan keputusan koperasi sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi transformasi dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi.”pungkasnya.

Hadir Kepala Disnaker,Perinkop &UKM Kab.Kudus, Rini Kartika dalam sambutanya menyampaikan bahwa “RAT merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh koperasi sebagai wujud tanggungjawab pelaporan dari pengurus dan pengawas kopoerasi. Indikator kinerja utama salah satunya adalah prosentase koperasi yang aktif (aktif tidaknya sebuah koperasi).’ Jelasnya.

Lanjut Rini, di dalam regulasinya koperasi dalam melaksanakan RAT paling lambat 3 bulan setelah tahun tutup buku berakhir. Jadi koperasi Al Ikhlas ini termasuk bagus karena sudah melaksanakan RAT dengan tepat waktu yaitu di bulan januari .

Harapan beliau Koperasi Al Ikhlas dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk kesejahteraan bagi anggotanya dan kemajuan Koperasi Al Ikhlas kedepan .

Acara dilanjutkan dengan rapat anggota koperasi yang dipimpin oleh Ketua Koperasi Al Ikhlas, Masrukin. (St.Zul/wwk/bd)