Serunya Outbond MTsN 1 Sukoharjo

Sukoharjo – Banyak cara bisa dilakukan lembaga pendidikan untuk meningkatkan motivasi belajar dan menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya. Salah satu yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sukoharjo, Jawa Tengah, mengajak peserta didik kelas Program Khusus ke Agrowisata Amanah Karanganyar untuk mengikuti kegiatan Outbond, Rabu 26 Januari 2022.

Sebanyak 118 siswa dan siswi didampingi oleh 18 guru mengikuti rangkaian kegiatan dialam terbuka ditengah asrinya nuansa hijau pertanian di kaki Gunung Lawu yang berlokasi di Jl. Raya Solo-Tawangmangu KM. 34,3 RT 01 RW III Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah.

Keseruan tampak terlihat ketika seluruh peserta melakukan senam bersama dan games konsentrasi yang sarat akan edukasi dan nilai-nilai karakter. Setelah ketua panitia outing class, Setyo Winarno memberikan sambutan dan menyerahkan peserta didik kepada pihak penyelenggara outbond, kegiatan sepenuhnya dipandu oleh para trainer dari Agrowisata Amanah. “Kami menyerahkan siswa-siswi kami sebanyak 118 orang dalam keadaan sehat dan baik untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan outbond disini, kami berharap seluruh peserta akan diserahkan kembali dalam keadaan baik pula tanpa kurang suatu apapun.” Ujar Setyo Winarno.

Permainan yang disajikan pengelola Agrowisata Amanah dipusatkan pada pemanfaatan alam sekitar mulai dari tangkap ikan, susur sungai, tarik tambang lumpur, voli air, permainan holahoop, mencari bom, dan fun game.

Keseruan semakin terasa ketika peserta melakukan tangkap ikan dilanjutkan dengan tarik tambang lumpur. Disetiap pos permainan, peserta disediakan tempat istirahat dan disuguhkan teh hangat yang semakin menghangatkan suasana.

Salah seorang peserta, Muhammad Zaki Yuliantono (kelas 7PK), mengatakan kegiatan outbond yang diikutinya sangat seru dan menyenangkan. Dia mengaku senang dan betah berlama-lama di lokasi Agrowisata Amanah. “Wah, seru banget outbondnya, apalagi kalo bisa setiap hari.” Tukas Zaki sambil tertawa.

Hal lain diungkapkan oleh salah satu guru pendamping, Endang Pujiyati, seluruh rangkaian kegiatan outbond yang diselenggarakan sangat seru dan mendidik. Endang yang juga Bidang Kurikulum MTS Negeri 1 Sukoharjo, mengaku terkesan dengan penyelenggaraan yang menyeluruh dari pengelola mulai dari awal kegiatan sampai akhir. “gamenya sangat beragam dan semua pelaksanaan sudah dihandle pihak Amanah dari awal sampai akhir, jadi pembina hanya mendampingi saja.” Ungkap Endang Pujiyati.

Diharapkan, kegiatan Outbond yang sarat dengan fungame edukatif seperti ini mampu memberikan penanaman nilai-nilai karakter positif kepada peserta didik seperti nasionalisme, kepemimpinan, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dan jujur.

Kegiatan outbond MTS N 1 Sukoharjo yang  berlangsung dari jam 10.00 – 15.00 WIB ini rencananya akan diadakan rutin, sekali dalam satu semester sebagai agenda rutin Program Kerja Pengembangan Kelas Program Khusus MTS N 1 Sukoharjo, tentunya dengan tempat dan kegiatan yang berbeda-beda.(uni/djp/rf)