Tanamkan Karakter Cinta Tanah Air melalui Upacara Bendera

Kebumen – Senin pagi (24/1) MIN 4 Kebumen melaksankan upacara bendera di halaman setempat. Upacara dimulai pukul 07.00 WIB dan berlangsung khidmat diikuti seluruh Guru serta  siswa MIN 4 Kebumen. Upacara ini merupakan yang ketiga dilaksanakan setelah diizinkannya pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi.

Pada pelaksanaannya, terlihat para siswa mengikuti dengan penuh hikmat “Saya senang, Pak. Upacara bendera  sudah bisa dilaksanakan kembali.” kata Azkal siswa kelas 6.

“Walaupun saya  sempat pusing dan masuk UKS saya senang dapat  mengikuti upacara bendera kali ini,” timpal Aris Setyo Aji, sesama siswa kelas 6

Sementara itu, Yatimah selaku Pembina upacara menyampaikan pentingnya hidup sehat dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Sebagai anak yang terpelajar, kepada peserta didik MIN 4 Kebumen dia berharap bisa menjadi pribadi yang layak jadi panutan terutama dalam hal kebersihan. “Mandi minimal dua kali sehari, rajin sikat gigi, dan buanglah sampah pada tempatnya,” pesannya.

“Kebiasaan baik ini harus tetap dilaksanakan, karena untuk tahun ini MIN 4 Kebumen akan mengikuti program Madrasah Adiwiyata. Dan jangan lupa bahwa mengikuti  upacara bisa menjadi media agar kalian menjadi lebih disiplin, yang pada akhirnya tertanam dalam diri kalian untuk cinta tanah air.” Lanjut Yatimah.

Setelah upacara usai, Khamdan Asyfahaani selaku Kepala MIN 4 Kebumen menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya upacara bendera selain sebagai wahana pembinaan cinta tanah air juga termasuk media siswa untuk saling memupuk jiwa kekompakan dan dapat menunjang kegiatan bersosialisasi positif antarsiswa.

“Dan yang utama adalah menjadikan siswa MIN 4 Kebumen siswa yang berkarakter tangguh, nasionalis, solih solihah, dan membanggakan.” Pungkasnya.(mh/fz/bd).