Apel Pagi, Kepala MAN 3 Kebumen Bagikan Tips Belajar Saat Pembelajaran Jarak Jauh

Kebumen – Dalam kegiatan upacara apel pagi Senin (21/02), Kepala MAN 3 Kebumen Ahmad Sultoni membagikan tips belajar saat pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut disampaikan kepada para siswa kerena kegiatan Penilaian Harian Bersama sudah semakin dekat.

Seperti yang telah diketahui, peningkatan penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron terus meningkat. termasuk di Kebumen. Menyikapi hal tersebut, MAN 3 Kebumen  menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas 50 persen setelah sebelumnya telah menerapkan PTM 100 persen. Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas 50 persen membuat siswa siswi harus mengikuti pembelajaran dari rumah.

“Pembelajaran di madrasah yang dijelaskan langsung oleh bapak ibu guru saja kadang belum tentu paham. Apa lagi jika dijelaskan tidak langsung melalui handphone. “ ujar Ahmad Sultoni.

Sedikit memberikan tips bagaimana belajar dari rumah yang enak dan nyaman, Ahmad Sultoni menjelaskan bahwa tempat yang nyaman akan meningkatkan mood kita belajar. Untuk memperoleh kenyamanan,  dia menyarankan kepada para siswa untuk mencoba  keluar dari kamar dan mencari tempat nyaman lain yang ada di rumah sebagai tempat belajar seperti  di teras rumah, atau bahkan di meja makan.

Tips berikutnya menurutnya adalah belajar sesuai jadwal dan mematikan notifikasi media sosial agar konsentrasi tidak terganggu. Dan yang tak kalah pentingnya adalah menulis catatan jika materi yang diberikan oleh guru berupa video atau sumber belajar lain.

“Saat belajar di rumah, buatlah tempat belajar yang nyaman dan bisa membangun konsentrasi” tuturnya.

“Silahkan waktu yang ada digunakan semaksimal mungkin agar hasil dari Penilaian Harianl Bersama (PHB) juga maksimal.”imbuh Ahmad Sultoni.

Dan di akhir sambutannya, Ahmad Sultoni mengingatkan kembali  pada para warga madrasah untuk selalu memakai masker dan senantiasa mematuhi protocol kesehatan agar rantai penyebaran covid-19 terputus.(dp/fz/bd).