Kader Lingkungan MTs.N 1 Kebumen Ikut Peringati Hari Peduli Sampah

Kebumen – Perwakilan peserta didik Kader Lingkungan didampingi guru MTsN 1 Kebumen mengikuti Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2022, Minggu  (20/02).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan (LHKP) Kabupaten Kebumen ini diikuti oleh berbagai instansi terkait, perwakilan organisasi dan lembaga kemasyarakatan,  perwakilan siswa  sekolah/madrasah, serta masyarakat sekitar lokasi. Acara yang mengambil tema ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim’ tersebut dipusatkan di anakan Sungai Kethek, Sidoagung, Sruweng, Kebumen. 

Kegiatan dibuka oleh Bupati Kebumen, H. Arif Sugianto didampingi Kepala Dinas LHKP Kebumen, Joni Hernawan. Dalam sambutannya Arif Sugiyanto sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membersihkan lingkungan dari sampah, menjaga kelestarian alam dan satwanya, termasuk ikan, dan pepohonan.

Peserta mengawali kegiatan dengan membersihkan sampah-sampah di sungai dan lingkungan sekitar lokasi tersebut. Selanjutnya dilakukan penanaman berbagai jenis pohon di lereng sungai untuk mencegah abrasi dan menghijaukan daerah sepanjang aliran sungai. Puncak kemeriahan terjadi ketika acara diakhiri dengan penyebaran benih ikan yang dilakukan bersama-sama dari berbagai perwakilan peserta.

Salah seorang peserta didik dari MTsN 1 Kebumen, Hafidz, didampingi gurunya, Setya Budiningsih, menyatakan kegembiraannya ketika mengikuti acara tersebut.

“Ini menjadi pengalaman berharga yang sangat menarik bagi saya. Menyadarkan kami pentingnya menjaga kelestarian alam sebagai tempat tinggal kita bersama. Semoga ke depan sungai semakin bersih dan ikan-ikannya bertambah banyak,” katanya. (Mams/fz/bd).