Medali Perak Ajang ISPO 2022, Antarkan Siswa MAN 1 Kudus Menuju Riset Internasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tim Riset MAN 1 Kudus kembali berhasil meraih Medali dalam ajang ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) 2022. Tahun ini tim yang beranggotakan Muhammad Zulfan dan Muhammad Ibriza Khoirun Wafa, dua siswa kelas XI MIPA 7 berhasil meraih Medali Perak.

ISPO merupakan kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer. Kegiatan ini diperuntukan bagi para generasi muda Indonesia yang bersekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia. Kegiatan ini berlangsung secara virtual pada 18-20 Febuari 2022.Wafa dan zulfan menampilkan riset Biologi yang berjudul EDI BERSERI : EDIBLE FILM  BERTEKNOLOGI SENSOR KESEGARAN IKAN BERBASIS INDIKATOR ANTOSIANIN PARIJOTO

Menurut wafa, Edible film merupakan plastic pembungkus makanan yang ramah lingkungan. Namun edible yang dibuat oleh tim riset MAN 1 Kudus berbeda pada umumnya karena dilengkapi dengan sensor kesegaran ikan berbasis antosianin parijoto.

Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan fungsi kemasan, sehingga kemasan tidak hanya berfungsi untuk melindungi namun juga dapat memberikan informasi mengenai kondisi kesegaran produk di dalamnya serta memudahkan produsen dan konsumen untuk mengetahui kondisi kesegaran ikan, ‘’ kata Zulfan.

Pada penelitian yang sudah dilakukan, keduanya menemukan formula edible film terbaik pada Formula B. Formula B memiliki ketebalan yang tipis, Transmisi uap air rendah (efektif terhadap pengupan produk), kelarutan yang rendah (tidak mudah larut jika terkena air) dan memiliki mean RGB tertinggi pada mean green.

Harapannya penelitian ini ke depan dapat dikembangkan secara luas dan mempunyai dampak bagi masyarakat. Ahmad Edi Darmawan selaku Guru Pembimbing berharap dapat mengembangkan penelitian-penelitian yang lain bersama siswa program SIP MAN 1 Kudus.“Semoga banyak penelitian – penelitian lain yang dikembangkan siswa MAN 1 Kudus”, harapnya.

Berkat riset tersebut, Wafa dan Zulfan juga direkomendasikan menjadi peserta ajang riset Internasional “The Hong Kong Student Science Project Competition (HKSSPC) 2022’’.

“Prestasi ISPO tahun ini menjaga tradisi perolehan medala di ajang ISPO tahun – tahun sebelumnya,setelah 2020 dan 2021 berhasil menyabet medali emas dan menjadi peserta event riset internasional ajang Genius Olympiad, USA dan Mostratec, Brasil. Alhamdulillah tahun ini siswa – Siswi MAN 1 Kudus kembali berhasil menjaga tradisi menyabet medali di ISPO dan berangkat ke event riset internasional untuk tiga tahun berturut – turut,” tutur Suhamto Kepala MAN 1  Kudus. (Agus Siswanto/bd)