Sukeskan Revitalisasi KUA, Kemenag Kebumen Gelar FGD Kelembagaan KUA

Kebumen – Dalam rangka mensukseskan program Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Focus Group Discusssion (FGD) Kelembagaan KUA pada Selasa (22/02).

Dilaksanakan di Balai Nikah KUA Kecamatan Sempor,  FGD diikuti oleh Kepala KUA, tokoh masyarakat, dan Penyuluh Agama Islam diwilayah Sempor, Gombong, Rowokele, Buayan, Ayah dan Kuwarasan. FGD dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kebumen H. Ibnu Asaddudin didampingi Kasi Bimas Islam Salim Wazdy.

Berbicara program Revitalisasi KUA di hadapan para peserta FGD, Kakankemenag H. Ibnu Asaddudin menjelaskan bahwa setidaknya ada empat tujuan strategis program Revitalisasi KUA yaitu : 1. Meningkatkan kualitas umat beragama, 2. Memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, 3. Meningkatkan kapasitas KUA sebagai pusat layanan keagamaan dan 4. Memperkuat program dan layanan keagamaan

“Namun tujuan utamanya adalah menjadikan KUA sebagai pusat layanan umat dan memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan serta penguatan moderasi beragama,” ungkap H. Ibnu.

Lebih gampangnya mengartikan revitalisasi KUA menurut H. Ibnu adalah upaya menjadikan KUA sebagai miniatur Kantor Kementerian Agama yang ada di kecamatan.  Jadi harapannya seluruh layanan yang ada di Kemenag nantinya bisa dilayani di KUA kecamatan. Termasuk melayani seluruh agama yang ada dan diakui oleh negara nantinya diharapkan cukup dilayani di tingkat KUA kecamatan.

Maka, mengingatkan kepada seluruh jajarannya, pada kesempatan tersebut H. Ibnu mengaskan kepada seluruh jajaran KUA agar bisa memberikan layanan kepada masyarakat dengan baik dan prima tanpa memandang latar belakang apapun.

“Berikan layanan terbaik kepada masyarakat tanpa memandang latar belakang agama, kedekatan, ataupun kepentingan lainnya, layanan KUA harus lebih ramah” tandasnya.

Menyambung apa yang disampaikan Kakankemenag, Kasi Bimas Islam Salim Wazdy menjelaskan,  revitalisasi KUA adalah program prioritas Kementerian Agama tahun 2021-2024 sesuai amanat KMA No. 758 Tahun 2021 tentang revitalisasi KUA.

Dijelaskannya, termasuk upaya mensukseskan Program Revitalisasi KUA, salah satu diantara yang dilakukannya adalah kegiatan FGD Kelembagaan KUA yang dilaksankannya pada hari ini.

Mengingat tugas KUA yang semakin berat, pada kesempatan tersebut Salim Wazdy meminta kepada para penyuluh dan jajaran KUA dilingkungannya untuk bersama – sama mensukseskan dan diharapkan bisa mensosialisasikan seluruh program KUA kepada masyarakat.(fz/bd).